Donald Trump, Inspirasi “Trump Burger” di Jepang

Proses pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika ke 45 yang diselenggarakan pada tanggal 20 Januari kemarin, ternyata banyak menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat. Pro dan Kontra terus mewarnai proses pelantikan Presiden baru Amerika tersebut sampai dengan saat ini.

Hal ini memang biasa terjadi, mengingat lelaki berusia 70 tahun ini telah menulis sejarah yang mengesankan di Pemilu Amerika Serikat yang berlangsung beberapa waktu yang lalu. Donald Trump mencetak sejarah sebagai Presiden Amerika yang sama sekali tidak memiliki pengalaman di bidang politik.

Pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika yang baru ternyata tidak hanya disambut oleh masyarakat Amerika saja, tapi juga disambut oleh masyarakat yang ada di negara lain, di luar Amerika. Dan salah satu negara yang terkena demam pelantikan Donald Trump tersebut adalah Jepang. Menyambut proses pelantikan Donald Trump, sebuah restoran di Jepang menciptakan menu terbaru yang unik, yaitu: sajian burger yang dinamakan dengan “Trump Burger”.

Jika dilihat dari tampilan luarnya, Trump Burger ini memiliki tampilan yang sama dengan burger-burger lain pada umumnya yang akan dengan mudah anda dapatkan di beberapa tempat atau kedai makanan seperti cafe misalnya. Tapi yang menjadi keunikan dari Burger yang disajikan di Restoran Jepang ini adalah, isi dari Trump Burger tersebut menggunakan bahan-bahan mahal yang menjadikan burger ini terkesan mewah dan disesuaikan dengan tampilan juga gambaran dari Presiden baru Amerika, yaitu: Donald Trump.

Restoran Jepang yang menyajikan sajian Trump Burger ini merupakan gerai BLT Steak di Ginza dan Roppongi, Tokyo. Restoran ini merupakan steakhouse asal Amerika Serikat yang salah satu gerainya berlokasi di Trump International Hotel, Washington D.C. Burger unik yang dijual di BLT Steak ini, dibuat untuk menyambut inagurasi Donal Trump yang diselenggarakan kemarin.

Seperti tampilan burger pada umumnya, Trump Burger ini juga terdiri dari Buns atau roti bundar yang sudah dipanggang. Perbedaannya dengan burger biasa yaitu terletak pada isiannya yang berlapis keju Gruyere, 150 gram patty filet mignon, 100 gram foie gras Prancis, caramelized apple copote dengan truffle, saus berbahan wine, madu, cuka balsamic, dan jahe. Semua bahan tersebut merupakan bahan yang tidak biasa dan harganya juga cukup mahal.

Penggunaan bahan-bahan mewah untuk menciptakan Trump Burger ini bertujuan untuk menyimbolkan Donald Trump yang dikenal sebagai seorang yang kaya raya. Keunikan lainnya yang bisa anda temukan pada Trump Burger ini adalah, penyajian burger tersebut dibuat seolah-olah mirip dengan presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Isian burgernya disusun dengan sedemikian rupa agar terlihat mirip seperti tatanan rambut pirang Trump yang rapi.

Sebagai salah satu restoran yang eksklusif dan mewah, Trump Burger yang disajikan ini juga dihargai dengan harga yang fantastis atau sepadan dengan standar restoran mewah. Satu buah Trump Burger yang dijual di restoran ini dihargai 5.800 yen atau sekitar Rp 678.000.

“Wow”, mungkin adalah kata yang paling tepat saat mendengar harga burger ini. Kalau di Indonesia, harga satu burger ini sudah bisa untuk mentraktir lebih dari sepuluh orang.

Meskipun harganya terbilang cukup mahal dan bahkan bagi beberapa orang mengatakan bahwa harga burger ini tidak wajar, namun ternyata burger ini sangat laris di Jepang. Walaupun Trump Burger ini memiliki banyak peminat, akan tetapi untuk bisa mencicip Trump Burger ini pengunjung harus terlebih dahulu membuat reservasi sehari sebelumnya.

Reservasi tersebut dibuat karena BLT Steak tidak menjual Burger Trump ini dalam jumlah yang besar. Burger Trump ini hanya dijual sebanyak 3 buah setiap harinya. Jadi kalau anda berniat untuk mencoba sensasi yang berbeda dari Burger Trump ini, selain anda harus rela mengeluarkan biaya yang cukup besar, anda juga harus membuat reservasi terlebih dahulu.

Restoran di Jepang ini sebenarnya bukanlah restoran yang pertama menjual Burger dengan tema Donald Trump, karena sebelumnya Community Restaurant and Lounge di Maryland, Amerika Serikat juga pernah membuat kreasi burger bertema Donald Trump yang bernama Golden Shower.