Fakta Dan Khasiat Dari Sup Ular

Sup ular juga dikenal dalam bahasa Kanton sebagai se geng (蛇羹) makanan ini sangat terkenal karena mengandung lima jenis daging ular yang direbus dengan bahan-bahan seperti tulang babi, ayam dan rempah-rempah, sup ini sangat beraroma dan khususnya sangat populer di Hong Kong selama musim dingin. Kayaknya pengen nyobain juga dech,ada yang mau ikutan nyobain?

Sup ular ini terbuat dari daging dan tulang ular yang kemudian direbus selama beberapa jam, agar kaldu lebih terasa maka sangat perlu untuk menambahkan bahan lain seperti ayam, jamur, jahe cincang, daun krisan, serai, dan rempah-rempah. Saat ular akan dimasak maka daging akan dipotong menjadi potongan tipis dan ketika dimasak penampilannya tidak beda jauh dengan memasak  ayam akan tetapi daging ular sedikit lebih keras.

Sup ular ini awalnya berasal dari Cina Selatan dan daerah yang terkenal dengan sup ular ini terdapat di Provinsi Guangdong. Hidangan ini telah  ada sejak sekitar abad ketiga BCE dan di masa lalu hidangan sup ular ini dikenal sebagai hidangan yang paling mewah yang hanya dapat dinikmati oleh orang kaya tapi pada akhirnya makanan ini menyebar di seluruh Cina pada  tahun 1700-an sampai sekarang lho.

Sup ini dikenal sebagai makanan yang lezat, penghangat tubuh pada saat musim dingin dan juga dapat di jadikan sebagai suplemen obat. Dalam pengobatan Cina daging ular dikenal sebagai makanan ‘yang’ atau makanan yang dapat membawa  hawa panas untuk tubuh dan dengan demikian sup ular ini paling sering dikonsumsi dalam bulan-bulan dingin untuk melawan ‘yin’ musim dingin. Sup ular telah dikenal untuk menyembuhkan penyakit seperti radang sendi dan ini sangat baik untuk memperlancar sirkulasi darah dan memperhalus kulit. Bagi yang mau cantik dan sehat bisa langsung nyoba sup ini dan saya jamin kalian akan doyan.

Restoran ular di Hong Kong biasanya disebut se wong (蛇王) atau secara harfiah di sebut ‘ raja ular  ‘. Banyak restoran ular  yang menggunakan ular peliharaan mereka sendiri untuk memastikan agar ular yang akan di masak tetap segar. Selain sup ular hidangan lainnya yang terbuat dari ular termasuk casseroles kulit ular, ular goreng, sup kandung empedu ular dan masih banyak lagi.

Hidangan yang dimasak dengan menggunakan daging ular telah dianggap sebagai masakan yang eksotis. Di restoran Cina kamu dapat mencicipi  sekitar 70 aneka masakan ular. Daging ular memang memiliki bau yang spesifik akan tetapi jika dimasak dengan cara yang benar dagingnya dapat terasa sangat empuk dan gurih dengan rasa yang menyerupai ayam.

Ini adalah salah satu hidangan yang termudah untuk dimasak dan kamu akan mengatakan bahwa makanan ini sangat wenak tenan bahkan jika kamu bukanlah penggemar hidangan yang aneh seperti cacing dan  serangga goreng.

Nah dibawah ini adalah panduan untuk membuat sup ular yang cetar dan membuat ketagihan.

Bahan yang dibutuhkan adalah;

*Ular
*Sayuran (kentang, wortel, kacang hijau, jagung, paprika)
*Rempah kari

Cara memasak sup ular;

1. Kamu dapat memasak sup ular dengan berbagai jenis ular bahkan sampai dengan yang beracun . Cara termudah untuk berurusan dengan ular adalah untuk memasukkannya ke dalam kulkas selama 30-40 menit sebelum memasaknya. Saat kita mengeluarkannya ular itu akan tertidur  dan kita bisa langsung memenggal kepalanya.

Kita akan bertarung dengan tubuh ular yang melingkar yang mencoba agar bisa melarikan diri dari meja pertarungan. Di sini lain kamu juga akan memerlukan waktu setengah jam untuk mengambil hati dari tubuh ular. Dalam budaya asli bagi penduduk Cina  mereka percaya bahwa hati adalah bagian paling berharga dari ular

2. Kulit ular akan lebih mudah dikupas jika kamu terlebih dahulu merebusnya dengan air yang mendidih.

3. Kamu harus mencuci kulit dan daging ular di bawah air yang mengalir. Dagingnya akan digunakan untuk membuat sup dan  dapat juga dipanggang sedangkan kulitnya akan digunakan untuk membuat makanan ringan yang renyah.

4. Potong daging menjadi potongan-potongan kecil.

5. Tuangkan air dalam panci bersamaan dengan daging ular kemudian nyalakan kompor gas. Daging ular agak sulit masak dengan sendirinya jadi kamu perlu untuk mendidihkannya selama 5-6 jam untuk mendapatkan kondisi daging “seperti ayam” yang halus.

6. Ketika daging sudah terasa lembut kamu dapat memasak sup dengan menggunakan  kaldu ular . Tapi saya lebih suka sup  yang bersih dan transparan, jadi saya hanya mengambil daging  yang telah dimasak dan kemudian membuang kaldu dan kemudian saya mengisi panci yang baru dengan menggunakan air bersih, mendidihkannya dan menambahkan  sayuran (terlebih dahulu memasukkan kemudian  menambahkan wortel cincang, kacang hijau dan yang terakhir  jagung dan sweet pepper).

7. Tambahkan beberapa rempah kari jika kamu menyukai hidangan pedas panas dan kamu jugadapat menambahkan beberapa bubuk jahe dan lada.

8. Letakkan daging ular ke dalam panci dengan sup dan masak pada api yang lambat selama 5-10 menit lagi.

9. Sup ular siap untuk di sajikan! Potongan daging ular akan terlihat seperti ikan akan tetapi rasanya akan mirip seperti ayam tapi sedikit lebih keras walaupun sudah dimasak dengan waktu yang lama akan tetapi hasilnya akan tampak sangat luar biasa dan lezat.

Selain kita mendapatkan rasa yang lezat dari sup ular ternyata kita juga bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari daging ular ini, Mau tau apa saja manfaatnya?

Manfaat kesehatan dari sup ular

Daging ular mengandung protein seperti jenis daging lainnya. Protein sangat diperlukan untuk banyak sistem tubuh termasuk pembangunan otot. Protein dapat menyediakan asam amino yang tidak didapatkan dengan cara lain untuk membangun dinding sel dan untuk mengatur hormon.

Daging ular berisi sekitar 93 kalori per 100g  tergantung pada jenis ular. Ini adalah setengah kalori dan sepertiga jumlah lemak yang terdapat pada  daging steak sapi. Daging ular memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit sehingga ini dapat membantu para pelaku diet untuk mengendalikan berat badan mereka.