Gulali Cantik Berbentuk Bunga

Siapa coba yang tak pernah mencoba Gulali? Yaps, jajanan anak-anak ini memang sangat populer banget. Tidak hanyak anak-anak tetapi orang dewasa ikut menyukainya. Jajanan ini memiliki rasa yang manis dengan warna-warna yang mengoda selera dan tak heran deh kalau banyak orang menyukainya.

Gulali adalah jajanan yang dibuat dari pintalan gula yang dibakar terlebih dahulu dan pertama kali diperkenalkan pada 1904 oleh William Morrison dan John C. Wharton, di St. Louis World’s Fair dengan nama “Fairy Floss”. Mereka berhasil menjual 68.655 kotak dengan harga yang cukup mahal saat itu, yaitu AS$0,25 atau setengah dari harga tiket masuk ke ajang pameran tersebut.

Gulali dibuat dari gula yang diberi pewarna makanan. Mesin gulali modern bekerja dengan cara yang sama dengan mesin-mesin yang lama. Bagian tengah mesin itu terdiri dari sebuah wadah kecil. Untuk membuat Gulali, cukup memasukan gula dan pewarna makanan kedalam wadah kecil yang terdapat di dalam mesin tersebut.

Pemanas dekat tepian wadah itu mencairkan gulanya yang kemudian diputar melalui lubang-lubang kecil dan hasilnya dipadatkan oleh udara. Kemudian benang-benang itu dikumpulkan pada sebuah wadah logam yang besar. Operator mesin memutar-mutar sepotong kayu kecil atau sebuah kerucut karton (orang yang lebih berpengalaman biasanya menggunakan tangan mereka sendiri) ke sekeliling tepian wadah besar untuk mengumpulkan Gulali tersebut.

Gulali terasa manis dan lengket. Meskipun kelihatan seperti benang wol tetapi Gulali sangat mudah mencair ketika berada di alam mulut. Ia juga berubah menjadi lengket bila terkena uap air. Karena gulanya bersifat higroskopis dan mempunyai ruang permukaan yang sangat luas, ia akan menjadi makin kasar, keras dan biasanya tidak begitu halus lagi setelah terpapar atmosfer. Dalam iklim yang lembap, gulali harus segera dimakan dalam beberapa jam atau ia akan berubah menjadi keras.

Gulali memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda, walaupun sebenarnya terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu gula. Karena banyaknya bentuk Gulali sehingga ada loh Gulali yang memiliki bentuk persis seperti bunga. Haha pasti gak percaya kan? Samaaloh, eyke pun awalnya gitu juga, tapi Gulali seperti itu memang beneran ada loh. Ada seseorang yang sengaja mengunggah video cara pembuatan Gulali bunga yang di share lewat YouTobe dan memperlihatkan proses seseorang mengolah Gulali.

Seseorang tersebut adalah seorang pria kreatif yang berasal dari China yang membuat Gulali menyerupai bunga cantik. Gulali memang lazim sebagai jajanan pinggir jalan di China. Namun dengan keterampilan khusus, Gulali tersebut berubah menjadi sesuatu yang lebih unik dengan tampilan depan yang dibuat dari lima warna dan diubah menjadi bunga cantik.

Gula yang sudah diberi pewarna makanan ini secara selang-seling digulung ke stik yang terus diputar oleh penjual. Pada setiap gumpalan gulali, penjual membentuknya dengan bantuan sebilah stik. Semakin lama gulali semakin besar dan terlihat bentuknya menyerupai bunga. Dengan cekatan penjual ini membuat gulali besar yang menyerupai bunga. Paduan warna yang menyusun pada setiap lapisan gulali ini membuatnya terlihat menarik dan sangat cantik.

Sejak di upload dengan judul Cotton Candy Flower The Biggest in the World yang berdurasi 3 menit ini sudah dilihat lebih dari 4 juta kali oleh para pengguna internet.

Kemampuan kreatif seseorang memang berbeda-beda yaa guys. Contohnya saja seperti pria diatas, ia sampai mempunyai ide luar biasa untuk membuat Gulali versi baru untuk mendatangkan daya tarik para pembeli, khususnya anak-anak kecil. Bagi yang penasaran, bisa langsung membelinya atau mungkin bisa belajar membuatnya sendiri.