Inilah Keju Dengan Harga Fantastis

Keju adalah bagian dari makanan yang kerap digunakan sebagai penunjang rasa serta tampilan dalam sajian tersebut. Keju bisa di buat ke cake dan makanan, namun juga dapat ditambahkan ke minuman loh! Malah makin istimewa rasanya setelah dihias atau diberi perasa keju.

Seperti yang kita tahu, keju itu dibuat dari susu yang sudah difermentasikan. Namun setelah diteliti, ternyata ada beberapa jenis keju yang menggunakan bahan tambahan lain seperti susu sapi langka hingga kedelai khusus dalam pembuatannya. Bahkan harga keju yang langka ini dijual dengan harga yang benar-benar fantastis!

Pengen tahu keju apa yang termahal? Mari kita simak langsung saja rangkumannya dari laman Foodbeast.

1. Caciocavallo Podolico

Keju Caciocavallo Podolico merupakan salah satu keju termahal di dunia dengan harga 42-50 USD atau sekitar Rp 561.000-667.000 per 453 gram. Meski dalam pembuatannya tidak menggunakan susu kuda sama sekali, tetapi banyak orang yang menyebut keju ini terbuat dari kuda. Hal ini dikarenakan susu untuk membuat keju diangkut oleh kuda. Walau demikian, keju jenis ini sebenarnya dibuat dari susu sapi keturunan Italia yang langka bernama Podolica.

2. Bitto Storico

Jika kebanyakan keju terbuat dari susu sapi, beda halnya dengan keju jenis Bitto Storico. Keju ini kabarnya dibuat dari kombinasi susu kambing orbic dan susu sapi cokelat asal Swedia. Tak hanya terbuat dari kombinasi, Bitto Storico juga harus melewati proses penyimpanan disimpan 10 tahun untuk memberikan rasa legit namun natural. Keju langka dari Italia ini pun dihargai dengan harga yang fantastis yaitu 125-150 USD per 453 gram atau sekitar Rp 1.600.000-2.000.000.

3. Keju cheddar Wyke Farms

Menyantap makanan atau minuman favorit memang makin lengkap rasanya jika diberi tambahan keju cheddar. Namun, sepertinya kamu harus memikirikan beberapa kali untuk membeli keju cheddar yang satu ini. Pasalnya, keju buatan Wyke Farms ini dihargai 200 USD (Rp2,6 juta) per 453 gram. Keju cheddar ini juga dipadukan dengan daun emas dan jamur white truffle dari Prancis. Meski begitu, keju ini tak dijual umum melainkan ditempatkan di Frome Cheese and Agricultural Show, Somerset beberapa tahun lalu.

4. Moose

Satu lagi keju dengan harga termahal di dunia yaitu jenis Moose. Keju yang hanya bisa ditemui di Elk House di Bjursholm, Swedia ini merupakan keju artisan yang dibuat dari susu rusa Amerika Utara. Untuk mendapatkannya, keju ini dijual dengan harga 300-445 USD per 453 gram atau sekitar Rp 4.000.000-6.000.000.