Ke Manado? Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Paling Terkenal Ini

Hai guys, kali ini kita akan membahas tentang kota Manado. Kota ini terkenal karena memiliki spot diving yang indah. Salah satunya adalah Taman Laut Bunaken yang sudah terkenal hingga mancanegara sehingga membuat kota ini selalu dibanjiri oleh wisatawan, baik itu wisatawan domestik atau mancanegara.

Tapi kali ini bukan keindahan Taman Laut kota tersebut yang akan kita bahas, melainkan makanan yang ada di sana. Jika kamu berkunjung ke Manado, tidak lengkap rasanya pulang tanpa membawa oleh-oleh khas kota tersebut. Bingung apa saja yang menjadi oleh-oleh dari sana? Simak aja artikel ini yuk.

Klappertart

Makanan ini adalah kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klappertart sesungguhnya memiliki arti cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Klappertart dapat bertahan hingga 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin. Tetapi jika kamu berencana untuk membawanya terbang dari Manado ke Jakarta atau kota lainnya, kue ini masih bisa bertahan asalkan ketika sampai di lokasi segera dimasukkan ke lemari es.

Pala Manis

Makanan ini merupakan kudapan khas Manado yang sudah terkenal hingga negara tetangga, bahkan makanan ini sudah diekspor ke Malaysia. Pala manis Manado memiliki tampilan yang berbeda dibanding manisan pala yang terbuat dari tempat lain. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Di daerah lainnya, manisan pala pada umumnya menggunakan gula pasir.

Begitu terkenalnya sajian pala manis ini di daerah Manado, sehingga para pengunjung dapat dengan mudah menemukannya. Hampir setiap sudut kota Manado menjual pala manis. Tak ketinggalan pusat oleh-oleh Manado pula counter Bandara Sam Ratulangi Manado dan pelabuhan Bitung.

Kacang Goyang

Kacang goyang merupakan makanan khas masyarakat Manado saat acara hajatan. Keberadaannya tidak pernah ketinggalan saat acara tersebut digelar. Kenapa diberi nama kacang goyang? Ternyata karena proses pembuatannya harus digoyang-goyang agar melekat dengan tepung terigu sebagai pembungkusnya. Untuk menghasilkan rasa manis saat dikunyah, lapisan luar cemilan ini menggunakan gula warna-warni. Daerah penghasil kacang goyang yang sangat terkenal yaitu daerah Kotamobagu. Di daerah ini kamu dapat menemukan olahan kacang goyang dan membelinya.

Dodol Amurang

Bukan hanya kota Garut yang terkenal dengan dodolnya, ternyata Manado juga punya dodol khas tersendiri yaitu dodol amurang. Dodol amurang ini banyak diproduksi di Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol ini terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang belum disaring untuk diambil santannya, kacang dan kayu manis. Setelah semua bahan menjadi satu dan dibungkus dengan daun kelapa, dodol ini dikukus dengan panas 120 derajat. Dodol amurang adalah makanan wajib dalam acara syukuran masyarakat Manado. Akan tetapi kamu tetap masih bisa kok menjadikannya oleh-oleh.

Panada

Makanan ini sangat terkenal di Manado, Keberadaannya sering menjadi incaran wisatawan yang pernah merasakan kelezatan panada ini. Panada terbuat dari bahan ikan yang dibungkus roti. Sekilas memang mirip sekali dengan pastel. Tapi sebenarnya sedikit berbeda, kalau panada isinya terbuat dari ikan Cakalang yang dimasak dengan bumbu panpis.

Rasa ikan Cakalang yang khas mampu membuat makanan ini digemari para wisatawan. Harga satu panada dibanderol mulai 1.250 rupiah (harga dapat berubah sewaktu-waktu), tergantung sedikit dan banyaknya isian panada ini. Makanan ini cocok untuk dijadikan cemilan saat kamu berlibur ke Manado. Bisa juga untuk oleh oleh keluarga setelah kamu bepergian ke Manado.

Cakalang Fufu

Bagi pecinta makanan pedas sebaiknya jangan lewatkan sajian oleh oleh dari Manado yang satu ini bila sedang berada di Manado. Rasa pedas yang ada di setiap cakalang fufu akan menjadikan selera makan anda menjadi lebih bergairah. Terus apa sih sebenarnya cakalang fufu itu sendiri? Cakalang adalah salah satu jenis ikan yang berada di perairaan Manado. Sedangkan fufu adalah nama lain dari proses pengasapan. Jadi, cakalang fufu adalah ikan cakalang asap.

Banyaknya pasokan ikan membuat warga di daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu, proses pengasapan ini sendiri memakan waktu 4 jam.

Sambal Roa

Sambal roa adalah sambal khas dari Manado yang sudah terkenal di seluruh Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa yang telah diasap. Ikan roa yang telah diasap ini dihancurkan hingga halus. Ikan roa yang sudah halus ini kemudian dimasak bersama bumbu dan minyak.

Ketahanan sambal ini cukup lama yaitu sekitar 6 bulan bila dikemas dan ditutup dengan rapat dan sekitar 1 tahun bila kamu simpan di dalam kulkas. Sehingga kamu tidak perlu khawatir bila ingin menjadikan sambal ini sebagai oleh oleh setelah bepergian ke Manado.

Halua Kenari

Halua kenari terbuat dari kacang kenari yang dilumuri dengan gula merah. Kacang kenari yang digunakan adalah yang berasal dari Sulawesi Utara. Kualitas kacang kenari di Sulawesi Utara sangat terkenal bagusnya. Kacang kenari ini dilapisi oleh gula merah yang telah dilebur. Tidak sulit bagi kamu untuk menemukan camilan favorit masyarakat Manado ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh-oleh. Makanan ini adalah teman yang cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi. Jika kamu ingin mencari ooleh-oleh yang sederhana, halua kenari adalah pilihan yang tepat.

Demikianlah oleh-oleh khas Manado tersebut dan jangan lupa membelinya jika kamu berkunjung ke sana ya. Semoga dengan membaca artikel ini, wawasan kamu bertambah untuk menentukan pilihan oleh-oleh dari Manado.