“Kentang” Dikenal Lezat Dan Memiliki Manfaat

Makanan yang satu ini sudah terkenal dimana-mana. Bisa dbilang kalau makanan yang satu ini termasuk makanan ajaib. Ini dikarenakan manfaat yang terkandung didalamnya. Yah, makanan ini adalah kentang. Pastinya kalian sudah tahu kan makanan ini. Kentang sudah terkenal sudah sejak lama. Kita juga bisa menikmati kentang dengan berbagai versi, mulai direbus begitu saja, di goreng bahkan dijadikan sebagai pendamping makanan sehari-hari.

Namun apakah kalian tahu kenapa kentang bisa memiliki begitu banyak manfaat? Nah, biar gak lama-lama simak di sini penjelasannya ya.

Pengertian Dari Kentang

Kentang atau nama latinya Solanum tuberosum L. merupakan salah satu tanaman pangan terpenting ketiga yang ada di dunia setelah beras dan gandum untuk dikonsumsi manusia. Kentang berasal dari daerah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

 

International Potato Centre (CIP) menyebutkan bahwa daerah tersebut merupakan pusat konservasi keanekaragaman hayati kentang. Tanaman kentang dapat dibudidayakan di beberapa negara beriklim sedang, tropis dan subtropis . Di Indonesia, kentang dibudidayakan oleh petani di daerah dataran tinggi antara 800-1800 m.

Kentang merupakan tanaman umbi-umbian dan tergolong tanaman berumur pendek. Tumbuhnya bersifat menyemak dan menjalar dan memiliki batang berbentuk segi empat. Batang dan daunnya berwarna hijau kemerahan atau berwarna ungu.

Umbinya berawal dari cabang samping yang masuk ke dalam tanah, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan karbohidrat sehingga bentuknya membengkak. Umbi ini dapat mengeluarkan tunas dan nantinya akan membentuk ca++_bang yang baru .

Pengenalan Tentang Kentang

Ketika masa perang 7 tahun, Parmentier adalah seorang dokter tentara pada pasukan Prancis. Namun, kemudian ia ditangkap oleh pasukan Prussia dan dijebloskan ke dalam penjara di Prussia.

Nah, di dalam penjara tersebut ia dipaksa untuk mengonsumsi kentang ( ketika masa perang dulu kentang dianggap sebagai makanan ternak babi dan bukan makanan manusia). Pada awalanya ia sedikit ragu untuk memakannya, namun ketika memakannya dia benar-benar terkejut karana ternyata kentang begitu lezat.

Pada tahun 1763, ketika Parmentier sudah dibebaskan dan kembali ke Paris. Ia mulai meneliti ilmu tentang nutrisi yang terdapat di dalam kentang yang dia ambil berdasarkan pengalaman ketika ia masih di penjara.

Ia mencoba memberitahukan bahwa kentang memiliki nutrisi bergizi kepada pasien yang terkena penyakit disentri. Karena kegigihannya itu,  pada tshun 1772, institut kedokteran Paris mengumumkan kentang sebagai bahan pangan yang layak dikonsumsi manusia.

Namun, mitos masyarakat terhadap kentang masih belum berubah ( yah, maklum aja orang dulu lebih percaya mitos daripada realita). Oleh karena itu, tentangan organisasi gereja sebagai pemilik lahan, rumah sakit dimana Parmentier bekerja melarangnya melakukan percobaan penanaman kentang di dalam kebun.

Di bawah situasi demikian, Parmentier terpaksa melakukan serangkaian cara tidak lazim, ia mengundang makan malam sejumlah tokoh kenamaan masyarakat seperti Benjamin Franklin dan Antoine Lavoisier, setiap lauk pada perjamuan makan tersebut terbuat dari kentang. Ia kemana-mana selalu mengenalkan kelebihan kentang yakni: sifat penyesuaian yang kuat dan produktifitas tinggi.

Ia pun mengirim bunga kentang yang sedang mekar kepada raja dan ratu Prancis. Sang raja dan ratu sangat menyukainya, bahkan ratu Mary Anton Knott menyuntingkan sekuntum bunga kentang di sanggul rambutnya, sang raja sendiri juga mengenakan bunga kentang yang imut-imut ke jasnya.

Di bawah pengaruh raja dan ratu, para pejabat besar beserta istri-istri mereka pun mulai menjadikan bunga kentang sebagai perhiasan paling anggun dan paling modis pada masa itu. Secara perlahan kalangan atas Prancis telah mengenal tentang kentang, luasan pembudidayaan kentang pun mulai membesar.

Pada tahun 1785, tatkala pertanian Prancis mengalami panen buruk, bahan pangan pun tidak mencukupi, kentang telah menyudahi bencana kelaparan di utara Prancis. Masyarakat Prancis mulai mau menerima kentang.

Pada 1787, Louis XVI raja Prancis menghibahkan sebidang tanah milik kerajaan di wilayah Saba Long-Paris barat kepada Parmentier agar ia dapat bercocok tanam kentang. Pagi hari Parmentier menutupi tanaman kentangnya dengan kain paranet dan di seputar lahan itu ia menempatkan pasukan bersenjata untuk berjaga; malam harinya penjagaan tersebut ditiadakan.

Lama kelamaan, petani lokal yang merasa penasaran percaya bahwa benda yang ditanam itu pasti sangat bernilai, maka pada malam hari mereka datang mencuri kentang dan melarikan diri. Sejak saat itu, petani yang menanam kentang mulai bertambah.

Jenis Kentang

Dikatakan bahwa kentang memiliki beberapa macam varietas yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Inilah yang membuat bentuk, ukuran dan warna yang berbeda-beda bahkan makanan yang dibuat dari olahan kentang juga bermacam-macam.

Berikut ini ada macam-macam jenis kentang yang mungkin kalian belum tahu.

Kentang Merah

Sudah pasti kentang jenis ini kulitnya berwarna merah, akan tetapi umbi kentang ini berwarna kuning. Jenis kentang merah ini masih tergolong langka didapat, dataran tinggi Dieng adalah sebagai salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil kentang merah di Indonesia. Biasanya penyajian kentang merah akan direbus dan dicampur dengan salad.

Kentang Inggris

Kentang Inggris banyak di budidayakan di daerah jawa timur, mulai dari bentuk dan ukuran tidak jauh berbeda dengan kentang priangan. Yang membuatnya berbeda dari kentang lainnya adalah kentang Inggris yang tergolong sebagai kentang berkualitas baik, di samping rasanya yang enak dan gurih, kentang ini kuat terhadap hama dan penyakit namun tidak sekuat kentang jawa.

Kentang Kuning

Kentang kuning adalah kentang yang memiliki kulit dan umbi berwarna kuning. Rasa yang dimilikinya juga lebih enak daripada kentang putih, serta tidak mudah hancur bila digoreng atau dimasak.

Harganya pun biasanya lebih mahal daripada kentang putih. Teksturnya yang lebih padat membuat kentang kuning cocok untuk dibuat kentang goreng ala restoran, kroket, perkedel dan baked potato.

Katadhin

Perlu kalian ketahui bahwa kentang katadhin ini merupakan kentang goreng dari Prancis. Selain memiliki rasa yang klasik, kentang ini juga memiliki kulit lembut dan daging bewarna kekuningan. Kentang jenis ini dapat kalian olah dengan berbagai cara, namun tidak cocok kalau dibuat salad ya.

Kentang Hijau

Kentang hijau adalah kentang yang dipanen terlalu dini atau terlalu banyak mendapat sinar matahari. Warna kentang hijau berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun.

Untuk itu, jangan c0ba-coba untuk mengkomsumsi kentang jenis ini, sebab kentang muda dan hijau dapat mengakibatkan sakit kepala, sakit perut, dan buang-buang air. Kentang ini jarang digunakan untuk masakan, karena belum cukup matang untuk dikonsumsi.

Kentang Hitam

Kentang hitam adalah kentang yang kulitnya berwarna ungu tua kehitaman, sedang umbinya berwarna krem pucat dengan lingkaran ungu. Bunga tanaman kentang hitam berwarna ungu. Kentang jenis ini sekarang banyak ditanam di kepulauan Shetland. Biasanya digunakan untuk campuran sayuran, seperti sup dan salad.

Kentang jawa

Kentang jawa terkenal dengan rasanya yang gurih dan enak. Daging umbi kentang jawa berwarna kuning dan mata umbinya dalam. Kentang jawa tahan terhadap penyakit. Kentang jawa sering disebut juga sebagai kentang gunung.

Kentang tengger

Kentnag tengger menyerupai jenis kentang priangan dan kentang jenis ini bisa kalian jumpai di daerah tengger.

Bagian-Bagian Pada Tanaman Kentang

Pada tanaman kentang ini memiliki bagian-bagian yang dapat menunjang pertumbuhan kentang agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Beberapa bagian yang memiliki peran penting itu adalah:

Daun

Tanaman kentang umumnya memiliki daun yang rimbun. Daunnya terletak berselang-seling pada batang tanaman. Daunnya berbentuk oval agak bulat dan meruncing dan bentuk tulang daunnya menyirip seperti duri ikan.

Daunnya juga berkerut-kerut dan permukaan bagian bawah daun berbulu. Warna daun hijau muda sampai hijau tua hingga kelabu. Ukuran daun sedang dengan tangkai pendek. Daun tanaman kentang ini berfungsi sebagai tempat proses asimilasi dalam rangka pembentukan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Hasil fotosintesis atau asimilasi digunakan dalam pertumbuhan vegetatif, pertumbuhan generatif, respirasi dan untuk tempat persediaan makanan.

Batang

Batangnya berbentuk segi empat atau segi lima, tergantung pada varietasnya, tidak berkayu dan bertekstur agak keras. Batang kentang umumnya lemah sehingga mudah roboh bila terkena angin kencang.

Warna batang umumnya hijau tua dengan pigmen ungu. Batang bercabang-cabang dan setiap cabang ditumbuhi oleh daun-daun yang rimbun. Permukaan batang sangat halus. Ruas batang tempat tumbuhnya cabang mengalami penebalan.

Diameter batang kecil dengan panjang mencapai 1,2 m. Batang tanaman berfungsi sebagai jalan zat hara dari tanah ke daun, juga untuk menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke bagian tanaman yang lain.

Akar

Tanaman kentang memiliki sistem perakaran tunggang dan serabut. Akar tunggang bisa menembus tanah sampai kedalaman 45 cm, sedangkan akar serabut tumbuh menyebar kearah samping dan menembus datar.

Akar tanamannya berwarna keputih-putihan dan berukuran sangat kecil. Akar tanaman berfungsi untuk me- nyerap zat-zat hara yang diperlukan tanaman untuk memperkokoh berdirinya tanaman.

Bunga

Tanaman kentang ada yang berbunga dan ada juga yang tidak berbunga, tergantung varietasnya. Warna bunga bervariasi, ada yang berwarna kuning atau ungu. Kentang varietas Desiree berbunga ungu, varietas Cipanas, Segunung dan Cosima bunga dan benang sarinya berwarna kuning sedangkan putiknya berwarna putih.

Bunga kentang tumbuh dari ketiak daun teratas. Jumlah tandan bunga juga bervariasi. Bunga kentang berjenis kelamin dua. Bunga yang telah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji. Buah berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat banyak biji.

Umbi

Umbi kentang terbentuk dari cabang samping diantara akar-akar. Umbi berfungsi untuk menyimpan bahan makanan sepeti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Ukuran, bentuk dan warna umbi kentang bermacam-macam, tergantung varietasnya. Bentuk umbi ada yang bulat, oval agak bulat dan bulat panjang. Umbi kentang ada yang berwarna kuning, putih dan merah. Umbi kentang memiliki mata tunas sebagai bahan perkembangbiakan, yang selanjutnya akan dapat menjadi tanaman baru.

Selain mengandung zat gizi, umbi kentang mengandung solanin. Zat ini bersifat racun berbahaya bagi yang memakannya. Racun solanin tidak dapat hilang apabila umbi tersembul keluar dari tanah dan terkena sinar matahari. Umbi kentang yang masih mengandung racun solanin berwarna hijau walaupun telah tua.

Kandungan Yang Terdapat Pada Tanaman Kentang

Inilah kandungan gizi yang terdapat pada kentang

Mengenyangkan

Pernakah kalian merasa kenyang ketika cuma makan kentang? Perlu diketahui bahwa kentang dapat menjadi makanan nomor tiga yang paling mengenyangkan saat disantap. Hal ini karena kentang mengandung karbohidrat kompleks.

Manfaat kentang untuk diet juga terbilang cukup signifikan dalam menurunkan berat badan. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai menu utama diet jika dibandingkan dengan nasi dan lainnya.

Gak harus hanya direbus jika kalian bosan kalian juga bisa mengolah kentang dengan cara dipanggang atau direbus tanpa tambahan bumbu berkalori. Cara ini tentu saja dapat membuat lebih berselera. Selain itu, kalian juga bisa membuat salad kentang. Tak hanya ampuh untuk menurunkan berat badan, kentang juga rendah gula yang dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Kaya Mineral

Kentang juga kaya mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa mineral yang terkandung di dalamnya antara lain zat besi, magnesium, potasium, kalsium, copper, fosfor dan zinc. Kelompok mineral ini memiliki peranan penting untuk menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik.

Maka gak heran jika orang-orang lebih memilih kentang ketimbang nasi putih, roti putih ataupun pasta. Sebab, pastinya kalian sudah tahu alasannya kan. Ya, karena kentang juga mengandung sedikit phytic acid yang memungkinkan mineral tersebut terserap dalam tubuh lebih optimal.

Kaya Vitamin B

Kandungan gizi pada kentang selanjutnya adalah vitamin B. Sama seperti vitamin lainnya, vitamin B juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat vitamin B antara lain untuk metabolisme DNA dan protein, pembaharuan dan regenerasi sel serta produksi energi. Meskipun tidak mengandung vitamin B kompleks, kandungan gizi vitamin B cukup banyak loh.

Seperti vitamin B6, vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B4 (choline). Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat. Sedangkan cholin berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

Kaya Vitamin C

Selain vitamin B, kentang juga kaya vitamin C. Dalam satu butir kentang berukuran sedang mengandung 40 mg vitamin C. Ketika di masak, vitamin V yang terkandung pada kentang akan berkurang 30 persen dan hanya tersisa 15 mg. Meskipun berkurang, kandungan vitamin C yang masih tersisa masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin C .

Protein Lengkap

Kandungan gizi pada kentang selanjutnya adalah kaya protein. Sama seperti vitamin B dan C, protein juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. kentang ukuran medium memiliki 4 gram protein yang dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhn protein harian. Tak hanya itu saja, protein yang terkandung dalam kentang mengandung 9 asam amino essensial yang sangat bermanfaat unruk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Mengandung Enzim

Perlu diketahui bahwa kentang yang dimasak dan kemudian didinginkan akan membentuk amylose. Amylose merupakan enzim yang sulit dicerna lambung dan makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Bakteri baik yang ada di usus akan mencerna amylose dan memproduksi butyrate.

Butyrate yaitu jenis asam lemak yang menutrisi sel-sel pelapis usus besar dan melindungi usus dari racun-racun agar tidak mendekati aliran darah. Butyrate juga dapat mencegah terjadinya peradangan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh serta sensitivitas insulin.

Jangan Buang Kulit Kentang

Kalian tahu gak sih kalau kulit kentang mengandung zat besi yang tinggi jika dibandingkan dengan dagingnya. Hal ini dijelaskan oleh Kanchan Koya, Ph.D., doktor Molecular Biology dari Harvard Medical School. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasak kentang dengan kulitnya, baik direbus, tumis, kukus ataupun di panggang.

Lantas Apa Yang Bisa Didapat Dari Kentang?

Setelah tadi kita membahas panjang lebar tentang kentang, maka hal lain yang perlu kalian ketahui selanjutnya adalah manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kentang,

Mengobati Wajah Berjerawat

Keadaan wajah yang memiliki jerawat memang dapat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya kalian bisa mengunakan dengan cara kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Bisa dipakai untuk tidur juga loh.

Mengatasi bengkak sekitar mata

Kebiasaan tidur terlalu lama kadang dapat menjadikan mata seperti bengkak, untuk mengatasinya kalian cukup dengan menggunakan kentang yang dicuci dan kupas kemudian di parut. Kompres mata dengan kain ke sekitar mata yang bengkak. Gunakan beberapa kali, agar bengkaknya mengempis.

Menurunkan tekanan darah

Kentang mengandung cukup banyak kalium yang dapat membantu menyeimbangkan efek natrium. Kentang juga mengandung kukoamin yang telah dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengurangi penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal bisa saja terjadi karena kekurangan serat dan juga sayuran. Kentang yang mengandung kalsium dan zat besi dapat memicu batu ginjal terjadi, namun karena kentang juga mengandung magnesium justru dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Walaupun tidak bisa mengonsumsi secara sering, penderita batu ginjal sering mengonsumsi makanan yang melibatkan kentang.

Kesehatan tulang

Dikarenakan kentang mengandung kalsium tentu saja akan berpengaruh dan melibatkan tulang. Nah, hal ini bisa kalian dapatkan dalam kentang yang sudah jelas mengandung kalsium, magnesium dan juga fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Terutama para manula yang mengalami kemunduran kerja organ dan tubuh.

Nah, gimana kalian sudah pada tahu kan kehebatan dari kentang ini. Biarpun terlihat biasa saja tapi banyak yang bisa kita dapatkan dari kentang ini. Jadi mulai dari sekarang coba deh untuk makan kentang, rasanya juga enak kok. Ok selamat mencoba.