Keren! Beginilah Tradisi Makan Di Somalia

Setiap negara memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Tradisi dan budaya tersebutlah yang menjadi suatu ciri khas di setiap negara. Contohnya saja seperti tradisi cara makannya. Nah, kali ini mimin akan membahas tentang tradisi cara makan masyarakat Somalia.

Masyarakat Somalia adalah salah satu kelompok etnis pengungsi paling besar di dunia, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sekitar dua juta warga Somalia tinggal di luar tanah air mereka dan kurang lebih 150.000 orang yang menetap di Amerika Serikat. Populasi orang Somalia terbesar di Amerika Serikat berada di kota-kota kembar seperti Minneapolis Saint Paul, Columbus, Seattle dan San Diego.

Akibatnya cara makan masyarakat Somalia juga berpengaruh pada perkembangan cara makan di Amerika. Jika kalian sedang berlibur di Amerika Serikat dan mencoba makanan di restoran Somalia maka kalian akan disajikan satu buah pisang di piring makan kalian. Kebanyakan orang menyantap pisang sebagai buah tapi berbeda bagi masyarakat Somalia yang menyantap pisang sebagai makanan utama. Aneh banget kan kedengarannya? Tetapi begitulah kenyataannya.

Mengkonsumsi pisang sebagai makanan utama disebabkan oleh banyaknya produksi pisang yang sangat berlimpah di Somalia. Buah pisang tumbuh subur di Somalia dan negara ini juga dikenal sebagai penghasil pisang terbesar di Afrika.

Pengungsi Somalia tinggal secara berkelompok dan kebiasaan mereka pasti jelas terekspose oleh orang sekitar. Ada satu hal yang menjadi perhatian yakni cara mereka makan pisang. Karena mereka makan pisang bukan dijadikan pencuci mulut melainkan dimakan bersama nasi. Masyarakat Somalia menyantap pisang sebagai teman makan nasi pada siang ataupun malam hari. Pisang disajikan dengan cara dipotong dan dicampur bersama makanan utama seperti nasi, pasta dan makanan berat lainnya.

 

Selain dijadikan makanan utama, pisang juga dijadikan sate loh oleh masyarakat Somalia. Sate tersebut dihidangkan bukan dengan tusuk seperti sate biasanya tetapi potongan daging yang telah dibakar tersebut disajikan di atas piring bersama pisang goreng. Haha.. ada-ada aja yah tradisi masyarakat Somalia ini.

Unik banget bukan? Hayo siapa lagi yang mau meremehkan buah lokal ini? wkwkwk. Ternyata tanpa disadari pisang juga bagusloh untuk kesehatan kulit. Jadi bagi kalian yang ingin memiliki kulit sehat, ayo makan banyak-banyak pisang seperti masyarakat Somalia. Eitsss, tapi jangan berlebihan juga yaah, ntar malah sakit perut wkwk.