Mengulas Lebih Dalam Tentang Es Krim

Es krim… Makanan favorit mimin banget nih. Bisa dibilang kalau es krim bisa menjadi obat galaunya mimin hehe…. Gimana apa kalian juga suka dengan es krim? Ngomongin soal es krim, pernah gak sih kalian kepikiran, sejak kapan es krim itu ada? Iya kan, pasti jadi penasaran juga kan. Oleh karena itu. mimin jadi pengen nulis artkel tentang es krim yang akan membuat kita semua tahu gimana sejarahnya makanan super dingin ini. Simak terus ya guys.

Para sejarahwan pernah menceritakan tentang sejarah es krim yang ada pada zaman kuno. Konon katanya Cina adalah pencipta pertama dari si lembut ini, kalau gak salah es krim tercipta pada 3000 SM (wow sudah lama banget ya ternyata, uwak mimin pun belum lahir kali ya hehe…). Marco Polo kemudian mencari tahu tentang resep dari es krim ini dan memperkenalkannya ke Italia.

Es krim yang kita nikmati sampai hari ini ternyata mulai disebarkan dari Italia pada abad ke-17. Para ahli di Italia kemudian menyebarkannya ke utara melalui Eropa dan Perancis. Salah satu keluaran es krim dari Prancis adalah “Perancis-style” ice cream (dibuat dengan kuning telur) dan mitranya dari Amerika membuat, “Philadelphia style,”(tidak menggunakan kuning telur melainkan putih telur) dan proses pembuatannya juga memakai bahan-bahan yang terbaik. Vanila adalah rasa yang paling populer dari genre ini. Dengan berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih, rasa es krim pun kini semakin berkembang. Beberapa es krim keluaran terbaru diberi nama Pistachio, Rocky Road, Chunky monyet.

Di mana mereka mendapatkan es krim sementara zaman dulu belum ada kulkas?

Mengapa kita menyebutnya “es krim?”

Pertanyaan yang bagus guys! Berabad-abad yang lalu orang-orang sudah mulai membuat makanan penutup yang segar jika musim panas tiba. Biasanya mereka menggunakan krim yang manis (diperkaya dengan susu) atau puding (berbasis telur) dan kemudian mereka akan mendinginkannya dengan menggunakan es. Chillier krim adalah salah satu produknya. Singkatnya, kenapa dinamakan “es krim”?  Ini dikarenakan adanya proses penggabungan es dan krim sehingga terciptalah es krim.

Menurut Oxford English Dictionary kata “es krim” pertama kali muncul pada tahun 1688 dan kemudian muncul lagi istilah yang lainnya yaitu “ice cream” yaitu pada 1744. Sampai sekarang pun kedua kata itu masih tetap dipakai.

“Es krim yang paling terkenal pada waktu itu hanya ada di Cina karena pada waktu itu es krim belum menyebar di Eropa. Oleh karena itu, mereka harus menunggu sampai akhir abad ke-17 hanya untuk menikmati kelezatan dari es krim. Pada awalnya, es krim itu sama seperti namanya, mereka hanya menggunakan krim yang manis, kemudian diletakkan pada panci yang dingin.

Semakin kita memasuki zaman yang semakin canggih, teknik dalam pembuatannya pun semakin meningkat. Mereka akan selalu mengaduk campuran krim dan es, untuk mencegah es menjadi beku. Sejak es krim disebarkan ke Eropa pada abad pertengahan banyak sekali permintaan yang berdatangan, sehingga membuat perusahaan menjadi sangat kewalahan.

“Es krim yang pertama mereka ciptakan memiliki rasa yang cukup kuat, karena terbuat dari susu dan krim yang dianggap benar-benar sangat lezat. Resep ini pertama kali diciptakan oleh Ibu Maria Eales (1718).  Ibu Eales sendiri adalah seorang pelopor dengan beberapa pengikut yang dengan senang hati akan membantunya dalam membuat karya-karya es krim yang sangat lezat.

“Karya tulis tentang resepnya ini kini telah ia rangkum menjadi sebuah naskah yang berisi 84 halaman, yang diberi judul deplacement de faire des Glaces, melalui Watermark di koran pada tahun 1700.” Ini adalah tentang “bagaimana” karya yang melukiskan tentang beberapa kecanggihan. Mereka akan memberikan petunjuk rinci untuk mempesiapkan beberapa kelezatan dari aprikot, voilet, rose, cokelate dan es krim karamel.

Sejumlah buku masak Inggris pada abad ke-18 ini berisi tentang berbagai cara dalam pembuatan  es krim. Ini merupakan buku masak pertama yang ditulis oleh seorang wanita dan akhirnya sekarang resep ini pun telah dicoba oleh para laki-laki.

Fakta Dari Es Krim

Setelah kita sudah menjelajahi dari mana es krim tercipta, sekarang alangkah baiknya kalau kita mengetahui tentang fakta lain dari es krim, Pernah gak kalian mendengar ada pepatah yang mengatakan, kalau semua hal tidak bisa dibeli dengan uang? Itu memang benar, karena kita memang tidak bisa membeli kebahagian. Tapi kita bisa mencari kebahagian dari hal-hal yang kecil, misalnya saja dengan menikmati es krim,

Konon katanya guys, kalau es krim ini bisa menghilangkan perasaan kita yang sedang galau. Ya, memang benar guys kalau es krim memang bisa membuat kita bahagia! Es krim, khususnya yang terbuat dari bahan susu tanpa lemak memiliki sejumlah manfaat. Penelitian terbaru menemukan bahwa terdapat lebih dari 100.000 jenis molekul zat pada es krim yang kita makan.

Zat tersebut memiliki kandungan protein, karbohidrat, mineral serta vitamin A, C dan D yang efeknya sangat menyehatkan. Tapi sayangnya, banyak yang tidak mengetahui efek buruk dari terlalu banyak mengkomsumsi es krim.  Ada yang mengatakan kalau menelan es krim yang terlalu dingin dapat membuat sakit tenggorokan. Ada pula yang mengatakan bahwa sepotong es krim memiliki banyak kalori yang dapat kita jadi gendut. Bener gak ya guys?

Jika memang ya, seberapa parah sih pengaruh es krim bagi kesehatan tubuh? Tenang, Ladies! Mari mencari tahu kebenaran dari fakta yang terkait es krim dalam uraian di bawah ini.

Fakta 1: Makan Es Krim Dapat Membuat Tubuh Gemuk

Sebenarnya kalau ada yang bilang, kalau kita makan es krim bisa jadi gendut, itu gak sepenuhnya benar. Kalau kita mengkomsumsinya secara berlebihan, ya, mungkin saja berat badan kita akan jadi naik. Tetapi jika masih dimakan dalam porsi yang normal, kemungkinannya sangat kecil untuk menjadi gendut. Apalagi, kontribusi energi dan lemak dalam es krim pada tubuh sangatlah kecil.

Satu takaran es krim hanya memberikan kontribusi energi sebesar 10 persen dari total kebutuhan tubuh dan 15 persen lemak dari total kebutuhan tubuh per hari. Es krim juga tidak akan membuat tubuh gemuk kalau kita gak nambahin topping pemanis secara berlebihan, seperti karamel, cokelat, biskuit, marshmallow atau whipped cream. Jadi, tenang saja! Selama dikonsumsi secara tidak berlebihan, es krim gak bikin gendut kok ladies.

Fakta 2: Ketika Flu, Batuk atau Sakit, Jangan Makan Es Krim!

Duh lagi-lagi es krim yang disalahkan. Ketika tiba-tiba tenggorokan kalian menjadi sakit, kering dan kamu menjadi batuk, jangan deh selalu bilang karena makan es krim. Gatal pada bagian belakang tenggorokan memang mungkin terjadi, karena suhu dingin pada es krim yang tiba-tiba dirasakan akan mendinginkan rongga mulut sehingga saluran pernapasan menjadi ikut iritasi.

Lagipula, produk susu seperti es krim memang seringkali memengaruhi air liur. Saat dikonsumsi, air liur akan diproduksi dalam tekstur yang lebih kental disertai dengan lendir yang mampu membuat bagian tenggorokan menjadi sedikit iritasi dan menyebabkan rasa gatal seperti ditusuk-tusuk. Batuk tersebut hanya bersifat sementara saja, kok!

Batuk akan berlanjut jika es krim yang dimakan berasal dari bahan nonpasteurisasi, tidak higienis atau yang mengandung campuran pengawet serta pemanis buatan. Bagaimana dengan flu? Apakah es krim benar dapat membuat kesehatan tubuh berkurang sehingga terkena flu atau demam? Pada dasarnya, pilek disebabkan karena virus atau bakteri.

Menurut sebuah pakar kesehatan dari Komunitas Sehati, Emilia E. Achamdi, tubuh tidak akan terangsang untuk menjadi sakit hanya karena menelan es krim. Bahkan menurut Russel Steele dari Universitas Kedokteran New Orleans, jika kalian tengah mengalami radang akibat infeksi virus, es krim dapat menjadi pilihan makanan yang mampu meredakan nyeri pada bagian tenggorokan. Tetapi tentunya es krim yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan proses yang bersihlah yang dapat meningkatkan kesehatan kalian! Jadi jangan sampai salah pilih es krim ya ladies.

Fakta 3: Es Krim Menyebabkan Gigi Berlubang

Nah, kalau yang ini memang benar ladies. Pasalnya, kalau kalian terlalu banyak saat mengonsumsi es krim, tetapi fermentasi sisa karbohidrat serta gula es krim tertinggal di gigi dan menumpuk memang akan merusak gigi. Tak jarang, sisa es krim yang masih terdapat pada gusi dan gigi juga dapat memicu tumbuhnya bakteri yang membuat gigi terasa sakit dan nyeri.

Maka dari itu, sebaiknya kalian harus meneguk segelas air putih, berkumur atau menggosokan gigi setelah menyantap potongan es krim favoritmu! Hayo jangan malas gosok gigi ya.

Mitos 4: Makan Es Krim Terlalu Cepat Menyebabkan Sakit Kepala

Ada peneliti yang mengatakan bahwa memang benar jika perubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba akibat menelan es krim terlalu cepat dapat menyebabkan sakit kepala. Pendinginan dalam tubuh yang terjadi secara mendadak pada daerah sinus frontalis berujung pada rasa nyeri pada bagian mulut dan menyebar ke kepala. Hal ini juga disebabkan karena terdapat penyempitan pembuluh darah yang terjadi pada pusat saraf bernama sphenopalatine ganglion.

Selain itu, es krim yang dingin memang akan membuat tubuh menjadi menggigil. Brain Freeze atau rasa sakit pada kepala ketika menelan es krim juga dapat terjadi terlebih jika kalianmemiliki gigi yang sensitif. Tetapi, lebih dari itu tidak ada pengaruh buruk lainnya. Kalian tetap dapat menikmati es krim secara perlahan-lahan supaya saraf kalian tidak menjadi terkejut

Manfaat Dari Makan Es Krim

Gak selamanya kalau kita makan es krim itu selalu berdampak buruk. Seperti yang kita telah bahas diatas, semua tergantung dari cara kita mengkomsusinya. Nah, selain dari fakta negatif tentang es krim, ternyata es krim juga memiliki manfaat dimana salah satunya adalah untuk ibu hamil seperti menambah berat badan pada ibu hamil, mengurangi rasa tertekan ketika kehamilan serta membantu pembentukan tulang pada janin. Adapun beragam manfaat es krim bagi kesehatan antara lain adalah sebagai berikut. Ayo disimak ya.

1. Menambah berat badan ibu hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami masalah berat badan terutama karena berat badan yang kurang. Dalam hal ini mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula serta kalori akan sangat dibutuhkan. Makanan es krim ternyata mengandung 207 kkal serta gula sebanyak 16 gr tiap 100 gramnya yang dapat menambah berat badan ibu hamil.

2. Membentuk tulang pada janin

Apakah kalian pernah tahu kalau es krim juga dapat digunakan untuk membantu pembentukan tulang pada janin?. Tentu saja, ini dapat membantu pembentukan tulang. Ini semua dikarenakan es krim mengandung nutrisi yang berperan dalam membantu tumbuh kembang janin di dalam rahim.

3. Mengurangi rasa tertekan atau stress pada masa kehamilan

Tekanan yang membuat stress atau depresi merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh ibu hamil. mengonsumsi es krim juga dapat merangsang proses terbentuknya hormon dan juga thrombotonin. Fungsi hormon ini adalah untuk menenangkan hati, mengurangi rasa stress serta memperbaiki suasana hati terutama pada masa awal kehamilan. Mengurangi rasa stres pada ibu hamil, tidak hanya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi banyak makanan sehat yang dapat mengurangi rasa stres. Namun juga dengan perhatian yang terutama dari suami serta keluarga dan teman-teman dekat.

3. Mengatasi morning sickness pada ibu hamil

Mual muntah merupakan gejala alami yang banyak dialami oleh para ibu hamil dan ini biasanya terjadi pada ibu yang hamil muda. Morning sickness menjadi gejala yang cukup menyusahkan karena tidak hanya membuat nafsu makan ibu hamil menurun, akan tetapi juga dapat membuat tubuh menjadi lemas. Gejala kehamilan yang satu ini, dapat dikurangi dengan es krim sehingga, gejala yang sering terjadi terurama pada trisemester pertama ini dapat dikurangi.

4. Kaya akan kalsium

Beragam jenis es krim yang dibuat menggunakan susu memiliki kandungan manfaat kalsium serta nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan energi pada tubuh serta memperkuat tulang. Dengan tulang kuat serta energi yang cukup tentu kita dapat menjalankan aktivitas-aktivitas harian menjadi lebih lancar dan pastinya gak akan patah tulang.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Es krim ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung sitokin. Sitokin  ini merupakan protein yang dapat diproduksi sebagai bagian dari antibody atau sistem imun tubuh yang dapat membuat tubuh kalian menjadi lebih sehat.

6. Kaya akan vitamin

Dalam es krim terdapat beragam jenis vitamin seperti vitamin A, D, K serta B12. Vitamin- vitamin tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk kesehatan tubuh seperti :

*Manfaat vitamin A bagus untuk menjaga kesehatan mata
*Manfaat vitamin D berperan dalam menyerap kalsium serta berbagai nutrisi dari makanan serta menyimpannya di organ ginjal.
*Manfata vitamin K berperan dalam meningkatkan aliran darah serta membuka sel darah yang mengalami penyumbatan di dalam tubuh
*Manfaat vitamin B12 berperan dalam meningkatkan memori

Vitamin merupakan zat baik yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tergantung pada jenis vitaminnya. Dalam hal ini, es krim juga menyediakan berbagai macam vitamin yang berguna untuk kesehatan kalian.

7. Menurunkan berat badan

Nah, ini dia kabar baik bagi kalian yang tengah melakukan program penurunan berat badan karena merasa terlalu gendut, manfaat es krim ini dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan kalian. Hal ini dapat terjadi karena es krim yang dingin dapat membantu pembakaran lemak serta meningkatkan suhu tubuh kalian.

8. Mengandung protein

Setiap hari tubuh membutuhkan protein yang berguna untuk memperbaiki serta membangun jaringan otot. Satu sendok es krim ternyata dapat menyediakan manfaat protein yang dapat mencukupi kebutuhan aktif kalian dalam satu hari.

9. Menjaga gigi dan gusi

Banyak orang tua yang menjauhkan anak- anaknya dari es krim karena takut giginya berlubang. Namun kebalikannya, penelitian menyebutkan jika mengonsumsi es krim ternyta lni dapat melindungi gigi serta gusi karena mengandung kalsium yang baik.

10. Mengurangi peradangan

Es krim memiliki banyak sekali rasa yang berbeda satu dengan lainnya. Salah satu rasa es krim yang populer adalah es krim coklat. Es krim coklat ini memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan es krim lain karena mengandung flavonoid yang dapat mengurangi terjadinya peradangan arteri pada jantung. hal ini dikarenakan es krim coklat yang terbuat dari dark coklat memiliki flavonoid yang dapat memlindungi arteri pada jantung dari rasa lelah.

11. Rendah lemak

Es krim rendah lemak yang biasanya dibuat dari bahan utama susu krim yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan yang cukup banyak. Mengonsumsi es krim rendah lemak membuat kalian tidak perlu khawatir akan berat badan yang meningkat.

12. Kaya akan gizi

Es krim memiliki banyak sekali gizi yang terkandung di dalamnya. Hal ini terkait dengan bahan-bahan yang terkandung di dalam es krim yaitu kalori serta protein serta berbagai jenis vitamin yang lain. Jadi ternyata es krim sangat baik untuk tubuh kan.

Ada banyak sekali anggapan yang salah mengenai mengonsumsi es krim mulai dari menyebabkan batuk, menyebabkan sakit gigi dan lain- lain. Namun nyatanya pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang salah. Untuk ibu hamil sendiri hanya dianjurkan mengonsumsi es krim sebagai camilan dan bukannya sebagai makanan utama. Mengkonsumsi es krim dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat berat badan naik secara berlebihan.

Es krim merupakan salah satu kudapan yang tidak bisa ditolak oleh banyak orang karena selain menyegarkan, es krim juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan asal tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jadi setelah mengetahui semua tentang es krim, apakah kalian masih menginginkan es krim?