Museum Yang Bikin Ngiler

Museum Merupakan tempat yang dapat membantu melayani kebutuhan publik dengan sifat terbuka dan termasuk salah satu tempat untuk memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Tetapi percaya kah kalian bahwa museum tidak hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan benda bersejarah, akan tetapi tempat yang memamerkan berbagai jenis makanan? Percaya atau tidak, tetapi museum itu beneran ada dibeberapa negara.

Nahh, bagi kalian pencinta kuliner, tempat ini memang sangat cocok banget untuk menguji selera wkwk. Para pencinta kuliner tampaknya wajib mengunjungi museum-museum yang bikin ngiler ini. Oiya, pastikan dulu perut kalian terisi sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Karena jika tidak, tangan kalian pasti langsung spontan untuk mengambil makanan yang sudah dijadikan patung tersebut. Yaudah yuk, langsung aja kita cek beberapa museum dibawah ini.

The Friet museum

Ini terletak di Bruges, Belgia, merupakan satu-satunya museum di dunia yang didedikasikan untuk kentang goreng. Di museum ini, tersedia banyak kesempatan untuk mencoba beberapa kentang goreng secara langsung. Kemudian, di lantai dasar, terdapat pameran tentang kentang yang pertama kali ditemukan. Kentang itu ditemukan di Peru sepuluh ribu tahun yang lalu. Pemilik museum ini, Cedric dan Eddy van Bell ternyata memang memiliki kegemaran terhadap museum-museum yang aneh. Mereka juga disebutkan memiliki Museum Pencahayaan Domestik di Belgia.

Burnt Food Museum

Sesuai dengan namanya, Burnt Food ini terletak di Virginia, Amerika Serikat dan memang didedikasikan untuk makanan yang gosong. Kurator Deborah Henson-Conant mengumpulkan artefak dari makanan-makanan yang gagal dan gosong. Museum ini biasanya dibuka untuk umum beberapa tahun sekali. Bagian dari koleksi museum ini adalah roti panggang gosong, bagel yang sudah terlalu lama dipanggang dan wafel gosong yang disumbangkan oleh para seniman. Bahkan, di museum ini juga terdapat lemon panggang dan jeruk yang sudah mengkerut.

The Shinyokohama Ramen Museum, Yokohama, Jepang

Berbicara Ramen tentu identik dengan kota Jepang. Di museum ini memberikan informasi tentang ramen dimulai dari kota pelabuhan di Jepang. Di museum ini menampilkan sebuah pameran yang menampilkan berbagai jenis ramen baik tradisional dan modern. Pengunjung dapat mencatat perbedaan yang detail dalam seluruh jenis ramen yang ada di Jepang.

Udon Museum Kyoto, Jepang

Selain ramen, ada banyak hidangan khas Jepang lainnya seperti udon. Udon adalah makanan sejenis mie yang dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar. Dengan mengunjungi museum ini, para wisatawan akan mendapat ilmu yang berhubungan dengan makanan ini. Karena udon sendiri memiliki 35 varietas yang berbeda. Ide awal pembuatan museum Udon yang ada di Kyoto ini karena tidak adanya restoran udon yang menyediakan semua varietas udon dari berbagai wilayah sehingga pemilik museum, Tomoaki Takaya berinisiatif mendirikan museum Udon. Di museum ini para pengunjung bisa melihat 35 jenis udon dari berbagai daerah di Jepang. Menarik bukan?

Deutsches Currywurst Museum, Jerman

Deutsches Currywurst Museum adalah museum yang menyajikan berbagai variasi currywurst atau sosis saus kari yang merupakan salah satu makanan khas Jerman. Di museum yang berada di kota Berlin ini, terdapat beberapa ruang display, ruang audio visual dan ruang multimedia. Di ruang display berisi berbagai bentuk currywurst yang pernah ada di Jerman, ruang audio visual yang ditata mirip dengan tetesan saus tomat, atau ada juga ruang khusus bumbu atau rempah di mana pengunjung bisa menikmati dan mencium aroma rempah-rempah dari currywurst yang berbeda.

National Mustard Museum, Amerika Serikat

Museum yang terletak di Middleton, Wisconsin ini menyuguhkan semua hal yang berbau mustard. Mustard sendiri merupakan salah satu bumbu khas berupa saus berwarna kuning kecoklatan yang dibuat dari biji mustard yang dihaluskan, yang biasanya dijadikan saus pelengkap hot dog, sandwich, atau campuran saus salad. Di museum ini dipamerkan lebih dari 5000 koleksi mustard dari seluruh dunia, dengan berbagai catatan sejarah, kegunaan, hingga karya seni bertema mustard.

The Banana Man museum

Museum ini terletak di Apple Valley, CA dan didirikan oleh Bannister. Museum ini berisikan segala pernak-pernik pisang dari seluruh dunia. Bannister dijuluki sebagai ketua klub pisang internasional pada tahun 1972. Dia mulai membangun museum ini pada tahun 1976 yang dinamakan The Banana Man. Museum ini juga menjadi viral dimana-mana, bakan museum ini sempat muncul di tv.

Bagaimana menurut kalain guys? Mengugah selera bukan saat melihatnya? Tentunya pasti. Bagi kalian yang penasaran, kalian bisa langsung untuk mengujunginya. Tapi inta yaa, jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum kesini.