Yuk, Kita Buat Mie Terbang!

Pernahkah kamu mendengar tentang mie terbang? Pastinya tau dong salah satu makanan yang sedang kekinian ini. Yap, mie terbang adalah mie goreng yang disajikan di atas piring dengan sebagian porsi mienya terbang melayang. Mie ini biasanya dikreasikan terbang melayang dengan garpu atau sumpit diatasnya. Jadi intinya yang terbang itu bukan hanya mienya loh! Tapi sumpit atau garpunya juga.

Ide mie melayang ini awalnya dimulai dari Kedai Makan Minum di Yogyakarta. Tempat makan chinese food dengan ide unik yang dibuka sejak bulan Januari 2016 ini langsung laris manis berkat flying noodle-nya. Konsep penyajian mie dengan model melayang ini langsung diikuti oleh tempat makan di kota-kota lainnya. Sebut saja yang sudah terkenal adalah Cafe Sosmed yang ada di Medan.

Topik ini ternyata sudah menjalar sampai ke luar negeri. Singapura salah satunya, yang dimana tengah membicarakan Hana Japanese Restaurant. Hana Japanese Restaurant adalah restoran dengan spesialis hidangan fusion Jepang yang mengedepankan konsep penyajian yang unik pada setiap menu makanan. Yang menjadi paling favorit di restoran tersebut adalah udon, somen, dan soba yang disajikan dengan sumpit melayang.

Belakangan ini sudah marak loh #flyingnoodlechallenge di mana para pengguna Instagram yang memamerkan foto-foto mi melayang bikinan sendiri. Apakah Kamu juga ingin mencobanya? Gampang kok, yuk kita coba!

Agar mie bisa terbang melayang, dibutuhkan 1 pasang sumpit dan potongan buah (apel/pir/jeruk). Selain potongan buah, dapat juga diganti dengan potongan timun, kentang atau tomat. Satu pasang sumpit dicucukkan pada potongan tersebut. Agar kokoh, mesti ditancapkan lebih dalam. Jika tidak bisa, dapat kamu sambung dengan lem atau juga diikat dengan karet gelang.

Setelah itu ambil garpu yang mau dibuat melayang, sumpit dijepitkan ke garpu. Sehabis itu dirikan lah sumpit dengan potongan buat tersebut di bawah sebagai pondasi. Langkah selanjutnya adalah menutupi pondasi dan sumpit tersebut dengan mie goreng yang sudah disajikan. Bagian pertemuan antara sumpit vertikal dengan garpu harus tertutup dengan mie agar tidak kelihatan. Penutupan tersebut harus sempurna agar hanya terlihat garpu seperti melayang.

Kalau kamu ingin membuat mie melayang dengan sumpit, caranya sama saja. Kamu hanya harus mengikat sumpit di tusuk sate. Jangan pakai karet, ya. Nanti mie jadi terasa pahit. Pakai benang bersih dan ikat beberapa kali sebelum ditutupi mi. Hiasi dengan daun seledri atau irisan cabe di puncak dan mie melayang siap dipotret.

Jika kamu masih kurang jelas, silakan simak tutorial di bawah ini.

Selamat mencoba ya guys! Jika berhasil dishare ya, hehe