Aneka Daging Sate Yang Wajib Untuk Dicoba

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Makanan yang juga memiliki nama lain satay ini biasanya terbuat dari potongan kecil daging seperti daging ayam, sapi, kambing dan daging hewan lainnya. Daging kecil ini nantinya akan ditusuki oleh tusukan yang terbuat dari bambu ataupun lidi yang berukuran tebal. Dengan perpaduan aneka bumbu rahasia yang menemani kenikmatan dari daging sate, sate sepertinya sudah mendapatkan hati di masyarakat Indonesia.

Resep untuk membuat sate beraneka ragam tergantung dari variasi pembuatan masing-masing daerah. Ada juga yang menghidangkan sate bersama ketupat, bisa juga sebagai peneman nasi dan lainnya. Bahan untuk membuat sate pun terkenal gampang karena semua daging bisa dibuat sate loh. Tidak percaya? Yuk, kita lihat!

1. Sate Ayam

Siapa saja nih penggemar daging ayam? Wih, hampir semua pasti menyukainya ya. Sate ayam termasuk salah satu makanan khas Indonesia. Sate ini biasanya disajikan dengan beberapa pilihan bumbu seperti bumbu kecap atau bumbu kacang. Sate ini sangat pas dinikmati bersama lontong guys! Nyummy..

2. Sate Kerang

Sate kedua berasal dari daging kerang. Makanan ini paling difavoritkan di kota Surabaya dan Medan loh. Berbeda dengan sate lainnya, sate kerang tidak dibakar ataupun dipanggang, melainkan direbus. Kandungan nutrisi dari sate ini juga rendah kalori dan lemak, seperti mineral, zat besi, yodium, tembaga dan berbagai vitamin di dalamnya. Nah, cocok juga nih disajikan bersama lontong.

3. Sate Penyu

Sate ini terbuat dari daging penyu dan lebih banyak ditemukan di Bali. Namun, untuk beberapa tahun ini konsumsi sate penyu menurun secara drastis dikarenakan berkolestrol tinggi serta adanya mawas diri dari masyarakat mengenai perlindungan hewan penyu.

4. Sate Belut

Biasanya yang kita tahu, belut itu disajikan dengan digoreng ya. Bentuk dagingnya yang menciut setelah digoreng memberikan nikmat tersendiri ketika dikunyah. Nah, gimana jika belut dibuat sate? Tenang saja, gak kalah nikmat kok. Rasanya juga dijamin bakal empuk, gurih dan pastinya bikin kamu nagih. Namun jangan sering dikonsumsi ya, karena belut itu mengandung kolestrol yang tinggi.

5. Sate Kelinci

Berbeda dengan sate lainnya, mungkin kamu gak akan tega kan untuk menyantap daging dari hewan yang imut ini. Tenang, daging ini memang berasal dari kelinci cuman jenisnya berbeda, dimana yang diambil adalah kelinci pedaging. Rasa daging ini empik kok. Cocoknya sih disajikan dengan bumbu kecap nih. Ouh ya, daging kelinci juga bisa menyembuhkan asma loh jika dikonsumsi secara rutin.

6. Sate Kuda

Hampir sama dengan daging kelinci, sate kuda juga memiliki khasiat tersendiri. Sate kuda dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi asma, pegal linu, gatal-gatal dan bahkan juga dapat meningkatkan vitalitas seksual pria. Untuk rasa daging sih, lebih keras dari daging sapi. Namun jika diolah dengan cara yang tepat, akan memberikan rasa empuk pada daging kok.

7. Sate Ikan

Pernah gak merasakan sate yang terbuat dari ikan? Rasanya ngak kalah nikmat dari sate daging loh. Biasanya sih sate ikan dibuat dari daging tuna, tenggiri dan tongkol. Bumbu satenya bisa menggunakan bumbu kacang, cabai dan kecap yang jika dikombinasikan akan pedas manis. Pastinya lidah kamu minta nambah deh.

8. Sate Ular

Pernah ga makan sate ular yang dijual di daerahmu? Nah, jika di daerahmu tidak ada, kamu bisa mengunjungi beberapa daerah di Solo, Jogja bahkan Jakarta juga ada. Untuk soal rasa sih, hampir sama dengan daging sapi yang kenyal. Ular biasa yang disate kebanyakan ular kobra. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Mungkin pertama kali kamu akan merasa aneh untuk mencicipinya, namun lama-lama juga akan terbiasa.

9. Sate Lalat

Sate ini berasal dari Madura yang juga disebut sebagai sate laler. Sate lalat bukan berarti terbuat dari lalat ya, melainkan terbuat dari daging ayam atau kambing. Sate ini biasanya dibakar sekadar saja, tidak terlalu lama. Daging untuk sate sih biasanya dipotong kecil-kecil, cuman rasa lezatnya sama sekali tidak berkurang loh.

Itulah beberapa sate yang terbuat dari daging hewan. Ada yang mungkin biasa sudah kita makan, ada juga yang mungkin terlihat unik dan mengerikan ya buat kita lahap. Tetapi di balik itu semua, selama kita berani untuk mengkonsumsinya, rasanya hampir sama dan enak kok. Apalagi jika pengolahannya dilakukan dengan benar, wah gak terbayang buat lahap terus! Tambah bang ajo! Haha..