Aneka Sambal Bercita Rasa Tinggi

Siapa yang ngak kenal sambal? Pastinya semua tau dong menu pelengkap satu ini. Menu ini pastinya sudah sangat akrab dengan sebagian besar orang Indonesia. Rasanya yang pedas tentu akan menambah rasa nikmat nasi putih hangatmu.

Sambal dikenal sebagai menu pelengkap yang terdiri dari beberapa potong cabai dan garam serta gula yang kemudian dihaluskan menjadi satu. Terkadang sambal ditambahkan dengan tomat, terasi, bawang putih, ikan teri maupun mangga yang masih muda untuk menambah cita rasa dari aneka olahannnya.

Setiap daerah mempunyai jenis sambal yang diolah menurut lidah mereka sendiri dan kecocokkan dengan lauk pauk yang akan mereka makan. Penikmat sambal sendiri biasanya lebih didominasi kaum hawa. Kebanyakan penikmat sambal mengatakan dengan adanya sambal, nafsu makan mereka menjadi bertambah.

Berikut aneka macam olahan sambel khas dan asli nusantara yang sangat nikmat citarasanya.

  • Sambal Bawang

Sambal ini termasuk sambal yang simpel dimana hanya diolah dari campuran cabe rawit, bawang putih serta garam. Sambal yang pedas ini kadang langsung membuat penikmatnya langsung berkeringat.

  • Sambal Tomat

Sambal ini menempati posisi teratas yang paling banyak dikonsumsi karena perpaduan rasa pedas dan gurih dari cabai, terasi gula dan garam dengan ditambah beberapa potongan tomat. Biasanya dihidangkan dengan menu makanan penyetan beserta lalapan.

  • Sambal teri

Pernah gak nyicipi nasi kucing khas menu angkringan Jogjakarta? Pastinya diatas nasi akan ditambahkan sambal teri. Sambal teri ini terbuat dari campuran cabai merah yang berukuran besar, garam, dan terasi yang dihaluskan kemudian dicampur dengan ikan teri yang sudah digoreng. Rasa pedas, asin serta gurihnya akan memberikan ketagihan yang luar biasa.

  • Sambal Dabu–dabu

Berbeda dari sambal lainnya, sambal dabu-dabu tidak diulek hingga halus melainkan hanya digeprek atau dimemarkan saja. Sambal ini berupa campuran dari cabe rawit, jeruk nipis, garam, cabai hijau dan tomat. Rasa pedas dengan sedikit asam sebagai menu olahan dari laut.

  • Sambal Pencit

Mangga muda biasanya diidentikan dengan rujak. Namun, variasi menu olahan dari sambal ini akan menggoyang lidah. Perpaduan dari cabe merah besar, gula, garam dan mangga muda ini akan menimbulkan sensasi pedas yang bisa memecahkan mulut.

  • Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal mentah dengan ciri khas segar seperti sambal dabu-dabu. Perbedaannya, bahan dari sambal ini dipotong kecil-kecil tanpa dihaluskan. Bahannnya adalah campuran dari cabe rawit, cabe merah, cabe hijau, bawang merah dan tomat.

  • Sambal Hijau

Bagi yang hobi mengkonsumsi masakan padang, pastinya tidak asing dengan jenis sambal nusantara yang satu ini. Menu sambal khas minang ini terdiri dari campuran cabe hijau, bawang putih, gula, garam dan terasi. Tingkat kepedasan yang diberikan biasanya hanya sedang saja.

  • Sambal Kecap

Sambal kecap lebih sering untuk pelengkap menu gorengan. Cukup mudah dalam membuatnya, terdiri dari campuran, cabe rawit, bawang putih, kecap dan garam.

  • Sambal Petis

Penikmat gorengan pastinya akrab juga dengan sambal petis ini. Sambal ini cocok dicocol dengan gorengan. Bahannya terdiri dari campuran petis, bawang putih, garam, cabe rawit dan kecap.

  • Sambal Rujak

Sambal rujak adalah salah satu idola kaum wanita yang kebiasaanya doyan untuk ngerujak. Campuran cabe rawit, gula aren, kacang goreng, bawang putih, gula, garam dan sedikit terasi akan memberikan rasa mantap di lidah. Ditambah aneka buah-buahan segar, akan memberikan rasa asam manis yang nikmat.

Nah yang manakah sambal favorit pilihanmu ?