Binte Biluhuta, Sup Asal Gorontalo

Kalian pasti pernah lah yaa mendengar lagu Binte Biluhuta. Ternyata oh ternyata itu bukanlah sekedar lagu loh, karena lagu itu diangkat dari kisah nyata loh. Gak percaya yah? Yaudah yuk kita lihat aja ceritanya dibawah ini.

Binte Biluhuta atau sup jagung adalah makanan khas masyarakat Gorontalo dan makanan ini merupakan makanan yang terdiri dari jagung dan ikan ataupun udang yang diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Dalam Bahasa Indonesia, Binte memiliki arti jagung dan orang Gorontalo sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram, jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram.

Karena berbahan dasar jagung, makanan ini dapat menghancurkan kolesterol khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan karotenoid, bioflavonoid dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Provinsi Gorontalo dikenal sebagai provinsi yang menghasilkan gandum terbesar di Indonesia. Selain di ekspor, jagung manis ini juga dijadikan makanan khas Gorontalo. Selain jagung yang menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan ini, ada beberapa bahan utama lainnya seperti cakalang (tuna), tenggiri (Raja ikan makarel) dan udang. Binte Biluhuta adalah sebuah hidangan sup yang memiliki rasa yang sangat unik, seperti paduan rasa manis dari jagung, rasa asam dari bilimbi dan kapur dan panas dari cabai. Kalian juga bisa menambahkan daun pepaya untuk mendapatkan rasa pahit.

Hidangan ini sangat cocok dimakan selama cuaca dingin, terutama bagi kalian yang sedang terkena flu. Gorontalo terletak di bagian utara pulau Sulawesi dan didirikan pada Desember 2000 setelah pisah dari Provinsi Sulawesi Utara. Jadi tidak heran jika hidangan ini menggunakan cakalang dan lemon basils yang sangat populer di Manado.

Gorontalo memang cukup beruntung karena dapat menemukan jenis ikan caklang yang biasanya hanya bisa ditemukan di Filipina. Tapi sekarang ikan ini sudah banyak dijual di toko-toko Asia. Ikan jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pada ikan tongkol. Cakalang memiliki warna kulit lebih terang dari pada tongkol sementara tongkol memiliki kulit yang lebih gelap warna dengan tubuh lebih ramping dan sangat populer di Jawa. Tetapi banyak orang yang salah pengertian dan menganggap bahwa cakalang adalah ikan tongkol putih.

Resep Sup Jagung Gorontalo

Bahan utama:

  • 425 g jagung manis
  • 300 g ikan cakalang
  • 200 g udang kecil yang sudah dikupas
  • 100 g kelapa parut
  • 1 liter air mineral
  • 4 siung bawang merah ukuran besar (8 siung bawang merah ukuran kecil) diiris tipis
  • 10 bilimbi diiris tipis
  • 25 kapur basils
  • 4 buah jeruk limau

Bahan rempah:

  • 3 buah cabe rawit merah (kalian bisa menambahkan untuk mendapatkan rasa yang sangat pedas)
  • 5 buah cabe merah

Cara panggang ikan:

  1. Bersihkan dan bilas ikan cakalang dibawah air yang mengalir
  2. Kemudian masukan perasan jeruk limau dan garam lalu gosok ikan cakalang. Sisihkan selama 15 menit
  3. Panggang setiap sisi ikan selama 2 menit

Cara membuat sup:

  1. Tambahkan air, jagung dan rempah-rempah ke dalam panci lalu biarkan hingga masak
  2. Kemudian masukan kelapa parut, bawang merah dan bilimbi. Masak kembali selama 15 menit
  3. Masukan udang dan ikan cakalang yang sudah dipanggang. Didihkan selama 5 menit berikutnya. Kemudian
  4. masukan perasan jeruk limau dan tambahkan daun kemangi sebagai garnis. Sup jagung ikan cakalang siap disajikan.

Catatan:
Jika kalian tidak menemukan ikan cakalang, kalian bisa menggunakan ikan jenis lain yang memiliki bentuk persis seperti ikan cakalang. Seperti namanya, komponen utama masakan ini adalah jagung yang ditambah dengan kelapa dan suwiran ikan cakalang yang membuatnya jadi makin enak. Rasanya yang manis, asam dan gurih sehingga membuat kalian ingin memakannya terus menerus. Makanan ini termasuk makanan yang cukup ringan atau tidak terlalu berat sehingga kalian dapat menyajikan dalam kondisi hangat untuk dimakan saat sarapan pagi.

Makanan ini pun banyak dijual di rumah makan kaki lima maupun bintang lima. Ayo dong, tunggu apalagi? Buat kalian yang penasaran dan ingin mencobanya, kalian bisa membuatnya sendiri atau juga bisa membelinya.