Jajanan Favorit Anak Sekolah

Jika masa SMA adalah masa-masa paling indah, maka masa SD adalah jaman paling menyenangkan karena pada saat itulah kita dimanja oleh orang tua maupun guru. Masa SD adalah masa dimana kita hanya mengenal waktu bermain, menonton kartu dan jajanan yang enak. Saat masih memakai seragam putih-merah, setiap anak pasti suka dengan jajanan yang nongkrong di depan pintu gerbang atau yang ada di kantin sekolahnya. Mungkin saat ini kamu yang sudah menduduki bangku kuliah ataupun kerja pasti kangen dengan jajanan SD yang lezat dan murah meriah. Kenapa bisa murah meriah? Sebab uang saku anak SD tidaklah banyak, paling banyak hanya lima ribu rupiah. Yuk kita sedikit bernostalgia lagi dengan jajanan SD. Apakah kamu masih ingat dengan jajanan berikut ini?

1. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Jajanan ini berasal dari ibukota Jawa Barat, Bandung. Batagor terbuat dari tahu yang dilembutkan kemudian diisi adonan ikan tenggiri dan tepuk tapioka. Selanjutnya dibuat bulat-bulat. Biar nikmat, batagor juga memiliki bumbu pelengkap seperti saus kacang, kecap, dan perasan jeruk nipis. Bisa dibilang batagor adalah saingan terberat cilok. Apalagi kedua jajanan ini juga sama-sama dari daerah Jawa Barat dan memiliki bumbu yang hampir sama.

2. Telur Dadar Bulat

Telur dadar bulat juga menjadi kegemaran anak-anak sekolah. Jajanan ini menggunakan bahan dasar telur, bisa telur ayam atau telur puyuh. Biasanya ditambah dengan sedikit tepung terigu dan beberapa sayuran seperti kol, wortel dan daun bawang. Dimasak menggunakan cetakan bulat kecil. Setelah matang martabak telur bulat ini disantap dengan saus pedas dan kecap.

3. Cilok

Cilok terbuat dari tepung kanji lalu dicampur dengan daging ayam atau sapi (tapi jarang banget ada cilok yang pake daging, mungkin karena mahal kali ya). Kemudian dibuat bulat-bulat kecil. Sebagai pelengkap, tak ketinggalan pula diberi sambal kacang, kecap, dan saus tomat. Kurang lebih cilok bisa disebut sebagai mini bakso.

4. Gulali

Permen gulali merupakan jajanan anak sekolah yang sangat unik. Permen ini dibuat langsung oleh penjualnya dengan berbagai bentuk kreasi. Bisa berbentuk hewan, buah-buahan bahkan tokoh satria baja hitam. Rasa dari permen gulali sangatlah manis, ya semanis kamu wkwk. Permen gulali ini juga memiliki harga yang sangat murah loh.

5. Kue Leker

Kue leker jajanan yang paling spesial di waktu SD. Rasanya yang gurih dan manis membuat ketagihan. Waktu di SD dulu sih varian rasanya ga banyak, tapi sekarang kue leker yang dijual banyak banget variannya dan lebih bikin ketagihan.

6. Telur Gulung

Selain telur dadar bulat yang menjadi kesukaan anak SD, ada lagi nih varian yang terbuat dari telur yang juga memiliki banyak penggemarnya. Yuppzz, itu telur gulung, dari mulai sekolah pinggiran sampe perkotaan pasti ada deh yang jualan telor gulung. Paling beken waktu jaman-jamannya SD ini jajanan, dulu sih harganya murah meriah makannya laku banget sampe-sampe si abangnya kepusingan kudu ngelayanin banyak bocah yang beli.

7. Es Serut

Masa kecil lu gak bahagia kalo belum pernah ngerasain es yang satu ini saat panas-panas ngeblentrang di sekolahan. Paling seru kalo liatin si abangnya nyerut tuh es dari balok jadi ke bentuk-bentuk lucu di cetakannya, lalu dikasih sirup warna-warni yang bikin makin menarik untuk dilihat.