Jajanan Tradisional Dari Singkong

Singkong merupakan salah satu bahan makanan paling populer di Indonesia. Meskipun masih jarang menjadikannya sebagai makanan pokok seperti nasi, namun singkong dapat diolah menjadi jajanan tradisional yang lezat. Lagi-lagi orang Indonesia khususnya orang Jawa mengeluarkan ide kratifnya dalam mengelola makanan mentah menjadi makanan yang sangat lezat. Jajanan tradisional ini bisa menjadi pengganjel perut kamu yang sedang lapar, karena pada dasarnya singkong mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan perut secara cepat. Jajanan dari olahan singkong ini sudah meluas keseluruh kota di Indonesia, tak sedikit orang asing yang mencoba jajanan tradisional ini, karena selain rasanya yang lezat, jajanan ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Berikut ini jajanan tradisional olahan dari singkong yang lezat.

1. Tiwul

Tiwul atau Thiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Tiwul dibuat dari gaplek (singkong yang dijemur). Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras, namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

2. Kue Klepon

Kue klepon merupakan kue basah yang sangat khas, berasal dari Jawa Tengah. Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar singkong dan tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya.

3. Getuk

Getuk adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon atau singkong sebagai bahan utamanya. Getuk sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian dikukus atau direbus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

4. Kue Talam Singkong

Kue talam singkong merupakan salah satu kue tradisional yang biasanya selalu ada ketika bulan Ramadhan tiba, karena kue talam ini biasa dinikmati ketika buka puasa. Kue ini dapat dijadikan menu utama karena selain rasanya yang enak, kue ini memiliki cita rasa manis yang segar dari gula merah (bila memakainya).

5. Combro

Makanan yang terbuat dari parutan singkong ini memang cukup populer dikalangan masyarakat, khususnya yang berada di Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat dengan bagian dalamnya diisi sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero yang artinya: oncom di dalam. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

6. Kue Sawut Singkong

Kue sawut adalah salah satu kudapan dari Jawa Tengah yang menggunakan singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya. Biasanya dihidangkan dengan kelapa parut kasar sebagai pelengkap penyajiannya.