Kopi Jos, Kopi Unik Dari Indonesia

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penikmatnya. Indonesia termasuk negara yang memiliki ragam kuliner serta berbagai macam kopi yang khas dan nikmat. jika Anda adalah pecinta dan penikmat kopi Indonesia, seharusnya Anda pasti tahu dong yang namanya Kopi Jos. Kopi ini sudah terkenal loh sejak tahun 1960-an.

Untuk saat ini, sudah banyak teknik untuk menyajikan kopi, baik itu memakai cara manual ataupun sudah menggunakan mesin esspresso. Seperti dilansir dari Good News From Indonesia, Kopi Jos disajikan dengan teknik tubruk, yaitu dengan menyiramkan air panas secara langsung kedalam gelas yang berisi bubuk kopi dengan tambahan gula atau susu.

Sebenarnya menyeduh kopi dengan cara seperti ini akan menghasilkan rasa kopi yang lebih kuat dengan aroma yang semerbak. Bagian unik dari kopi jos adalah prosesnya. Ketika kopi tubruk sudah siap, akan ditambahkan arang yang masih panas membara ke dalam gelas kopi tersebut. Nah, disaat hal itu dilakukan, akan terdengar suara mendesis dari arang panas tersebut ketika terkena air. Suara tersebut akan terdengar seperti “Joss“. Proses unik tersebutlah yang membuat namanya menjadi Kopi Jos.

Kopi ini ternyata tidak hanya dikenal dalam negeri saja loh! Bahkan penikmatnya juga banyak yang berasal dari luar negeri. Para wisatawan asing menamakan Kopi Jos dengan sebutan “Charcoal Coffee“. Kopi ini terkenal bukan hanya karena penyajiannya unik, tetapi juga cita rasanya yang khas. Rahasianya ini sebenarnya terletak pada pemilihan biji kopinya. Biji kopi didatangkan dari Klaten dengan pengolahan yang tradisional.

Arang yang digunakan pun bukanlah arang kayu sembarangan. Arang kayu ini berasal dari kayu sambi yang berasal dari pulau Kalimantan. Kayu sambi yang telah diproses menjadi arang akan dibakar dengan suhu yang tinggi yakni mencapai 250’C. Dengan suhu setinggi itu, arang akan menjadi karbon aktif yang diyakini dapat mengikat polutan dan racun dalam tubuh.

Untuk mendapatkan kenikmatan dari Kopi Jos ini, Anda dapat mampir ke kota Yogyakarta. Kopi Jos terdapat disekitar stasiun Tugu dan kita akan dengan mudah untuk menemukan kedai yang menyediakan kopi ini. Sebut saja beberapa yang terkenal seperti Kopi Jos Lek Man dan Pak Agus.

Kedai Kopi Jos biasanya akan dilengkapi dengan makanan ringan yang beraaneka ragam, mulai dari gorengan sampai dengan jajanan pasar. Nasi kucing pun ada yang bisa membuat para pengunjung untk betah berlama-lama. Kenikmatan Kopi Jos ini pastinya akan menyempurnakan Kota Yogyakarta yang terasa dingin di malam hari. Slruppp….