Kuliner Indonesia Yang Memiliki Harga Mahal Di Luar Negeri

Makanan Indonesia memiliki cita rasa yang khas dari setiap daerah nya, tak jarang orang Indonesia merindukan masakan Indonesia saat di luar negeri. Selain disenangi oleh masyarakat Indonesia sendiri, banyak juga kuliner khas Indonesia yang menjadi primadona di negara lain. Tapi, tahukah kamu ternyata masakan Indonesia sangat mahal saat dipasarkan di luar negeri loh. Entah apa yang membuat nya bisa memiliki harga dua kali lipat dibandingkan harga asli nya. Berikut ini beberapa makanan Indonesia yang memiliki harga sangat mahal dibanding harga aslinya.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Makanan yang dinobatkan sebagai menu favorit terlezat ke-2 di dunia menurut CNN Amerika ini bisa kamu temukan di hampir setiap kota di Indonesia. Entah itu dijual oleh pedagang keliling, warung kaki lima pinggir jalan hingga restoran mewah. Biasanya nih, seporsi nasi goreng bisa kamu dapatkan dengan harga 9.000—20.000 ribu rupiah. Tapi siapa sangka, di Amerika Serikat kamu harus merogoh kocek cukup dalam karena satu porsinya dijual dengan harga mulai 130 ribu rupiah! Aduh, kalau main ke Amerika jangan sampai kamu ngidam nasi goreng ya guys atau kamu bikin sendiri saja kalau bisa.

2. Pecel Lele

Pecel lele juga merupakan salah satu menu yang banyak di jual dan sangat mudah ditemui. Menu ini biasanya menjadi menu favorit para anak kos yang berada di perantauan. Tapi jangan salah ya. pecel lele ternyata juga menjadi menu favorit di negara Swiss lo!. Mau tahu berapa harganya? Jika di Indonesia kita bisa menikmati seporsi pecel lele cukup dengan 8-12 ribu rupiah saja, maka di Swiss kamu harus membayar sebesar 15 Euro atau sekitar 225 ribu rupiah untuk seporsi menu pecel lele.

3. Tempe

Tempe makanan yang berbahan dasar kacang kedelai ini menjadi makanan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Karena makanan yang satu ini kaya akan gizi dan Tempe menjadi salah satu makanan mahal di Swiss. Jika di Indonesia tempe dijual sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per papan, di Swiss tempe dihargai Rp 22.500 per potong kecilnya atau setara dengan 1,8 Euro.

4. Pisang Goreng

Berapa sih uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli pisang goreng? Di Indonesia, kita mudah sekali menemui penjual gorengan. Harganya pun terbilang murah, hanya dengan uang Rp 1.000 kita sudah bisa menikmatinya. Namun, jika kamu pergi ke Belanda dan rindu dengan gorengan, kamu harus menyiapkan uang sebesar 5 Euro atau kurang lebih sekitar Rp 75.000 untuk menikmati satu pisang goreng saja. Wawwww harga yang sangat mahal hanya untuk satu pisang goreng saja. Nah, buat kamu jangan lagi remehkan pisang goreng ya guys!.

5. Soto Ayam

Siapa yang tidak tahu soto? Di Indonesia, makanan berkuah ini punya banyak cara penyajian. Makanan dengan irisan daging ayam, irisan kentang goreng, serta daun seledri dan taburan bawang merah goreng ini cocok untuk sajian di pagi atau sore hari. Cukup dengan uang Rp 12.000–15.000, kamu sudah bisa menikmati kuliner yang satu ini. Tapi, jangan harap bisa mencicipi soto hanya dengan uang belasan ribu di Belanda atau Jerman. Di sana, harga seporsi soto ayam bisa melonjak hingga mencapai 12 Euro atau sekitar Rp 180.000.

6. Bika Ambon

Kue oleh-oleh khas Medan ini, yang sering disalahartikan berasal dari Ambon, ternyata menjadi kudapan favorit beberapa negara di Eropa. Kalau di Indonesia kue ini biasanya dijual dengan harga sekitar 45—55 ribu rupiah untuk ukuran kecil, di Eropa harganya bisa mencapai 113 ribu rupiah/ 600 gram.

7. Gado-Gado

Makanan sehat yang khas dengan bumbu kacangnya ini memang dibanderol murah di Indonesia, yakni sekitar Rp 15.000 sampai Rp 18.000. Jika ingin menikmati gado-gado di New York, kita perlu merogoh kocek sekitar Rp 110.000 per porsinya.