Makan Khas Korea Selatan Paling Lezat

Tentunya setiap penjuru Dunia selalu memiliki makanan ciri khasnya tersendiri. Dari mulai rasanya yang unik, bentuknya yang aneh dan ada pula yang memiliki makanan khas yang disajikan dengan ekstrem. Kali ini saya akan membahas tentang makanan khas negeri gingseng yang wajib kamu cicipi karena rasanya yang unik, enak dan tentunya terjangkau. Korea tak hanya dikenal karena industri K-Pop dan artis-artis cantiknya, namun di negara ini juga terdapat banyak makanan lezat yang enak untuk dinikmati.

Sama seperti negara-negara Asia lainnya yang terkenal dengan kelezatan masakannya seperti Jepang dan Cina, di Korea Selatan anda juga pasti dimanjakan dengan kelezatan kuliner di negara ini. Pada artikel kali ini, saya akan menyajika tentang akanan khas Korea Selatan paling enak yang harus anda coba. Beriku beberapa masakan ini kelezatannya bahkan diakui di seluruh dunia, tak hanya di Asia saja.

1. Jjukumi

Korea Selatan memang surga bagi para pecinta seafood. Ya, masyarakat di sini sangat kreatif dalam mengolah berbagai bahan laut menjadi sebuah masakan yang sangat lezat. Salah satunya adalah jjukumi, yang terbuat dari gurita berukuran kecil yang dimasak dengan api besar dalam rendaman saus gochugang yang sangat lezat.

Saking populernya, di Korea Selatan bahkan ada sebuah lokasi yang diberi nama Jjukumi Street, di mana ada ratusan restoran yang menyajikan masakan ini sebagai menu utama. Tentu saja, tempat ini wajib dikunjungi jika kelak anda berkesempatan mengunjungi Korea Selatan.

2. Kimchi

Makanan ini sangat terkenal di Korea Selatan, bahkan sering disebut sebagai makanan nasional negeri Ginseng. Bagaimana tidak, rasanya yang khas membuat Kimchi hampir selalu bisa ditemukan di setiap hidangan, baik di meja makan sederhana sebuah keluarga, maupun di restoran mewah berbintang lima. Makanan ini juga sangat murah dan praktis penyajiannya.

Pada dasarnya, Kimchi adalah asinan kubis yang diberi sedikit cabe. Rasa pedasnya yang khas membuat makanan ini enak dinikmati bersama apapun, bahkan hanya dengan sepiring nasi. Selain itu, Kimchi juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

3. Sundubu Jjigae

Hampir sama seperti Haejangguk, masakan ini juga disajikan dalam bentuk makanan berkuah. Bedanya, bahan makanan utama dari Sundubu Jjigae ini adalah tahu lunak yang sangat lembut, yang disajikan bersama irisan tipis kubis dan bahan-bahan laut seperti udang, suiran ikan goreng dan cumi-cumi. Makanan ini juga sangat nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat.

Sundubu Jjigae biasanya disantap saat hari hujan atau pada musim dingin, karena memiliki fungsi yang menghangatkan tubuh. Selain itu, kandungan gizinya juga sangat tinggi, karena di dalamnya terdapat banyak sayuran sekaligus daging-dagingan yang bergizi.

4. Tteokbokki

Bentuknya yang menyerupai Sosis ini merupakan makanan wajib yang harus kamu cicipi jika berkunjung ke Korea Selatan. Memiliki ciri khas tersendiri, yaitu merah, pedas, manis dan bertekstur kenyal ini terbuat dari kue beras yang sudah dicampur dengan daging yang lezat. Dijamin deh, kamu tidak akan pernah bisa melewatkan camilan khas Korea Selatan yang satu ini.

5. Jajangmyeon

Sama seperti Ramyeon, hanya warnanya saja yang membedakan. Kalau di Indonesia kita punya Mie Yamin, berbeda dengan Jajangmyeon yang berada di Korea Setalan. Merupakan salah satu makanan Korea yang memiliki penyajian dan rasa yang sangat unik. Mie yang disajikan dengan saus kental kedelai yang hitam pekat dan acar lobak dengan kondisi yang masih panas ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh para masyarakat Korea Selatan.

6. Haejangguk

Korea Selatan sangat terkenal dengan masakan-masakan berkuahnya. Salah satu dari masakan berkuah yang paling lezat bernama Haejangguk, yang disebut juga sebagai Hangover Stew alias sup yang bisa menghilangkan rasa pusing akibat minum-minuman beralkohol. Ini karena rasanya yang kuat, dan biasanya selalu disajikan setelah anda mengonsumsi minuman keras.

Rasa Haejangguk sendiri bisa dipastikan membuat anda ketagihan. Bagaimana tidak, kuahnya saja terbuat dari tulang sapi yang direbus cukup lama. Di dalamnya terdapat irisan tebal daging sapi, telur rebus, kecambah, dan rempah-rempah khas Korea yang bisa memberi sensasi luar biasa pada lidah anda.