Makanan Khas “Jawa Timur” Yang Bikin Kamu Ingin Mencicipinya!

Indonesia merupakan salah satu negara yang di sukai oleh para wisatawan asing di seluruh dunia karena memiliki berbagai jenis makanan khas yang enak dan lezat. Hal ini tentu menambah pesona dari negara Indonesia selain dari tempat wisatanya ternyata Indonesia juga terdapat berbagai makanan khas yang luar biasa. Pernah nggak coba kuliner khas Indonesia Timur? Ya, kuliner khas Ambon, Ternate dan Papua memang tidak ada duanya. Perpaduan aneka bumbu dan rempah-rempahnya siap menggoyang lidah. Bahkan ada juga beberapa bahan pangan yang mungkin bakal bikin kamu penasaran sekaligus ingin mencicipinya.

Jika Anda sedang berada di Provinsi Jawa Timur, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mencicipi makanan khas Jawa Timur yang pastinya enak dan lezat. Beberapa makanan khas Jawa Timur ini mungkin sudah Anda ketahui akan tetapi mungkin saja ada beberapa makanan khas Jawa Timur yang belum Anda ketahui. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini mimin bakal ngajak sobat untuk membahas makanan khas Jawa Timur yang paling enak dan populer. Jadi untuk menuntaskan rasa kepo kalian, yuk langsung aja kita cek resep kuliner khas Indonesia Timur yang bisa kalian buat sendiri di rumah.

1. Papeda

Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Makanan ini berwarna putih dengan tekstur yang lengket menyerupai lem dan memiliki rasa yang tawar. Biasanya makanan ini disantap dengan ikan kuah kuning. Ini dia resepnya..

Bahan:

  • 100 gram tepung sagu
  • 1 liter air
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula

Cara membuat:

Cairkan tepung sagu dengan air kemudian tambahkan gula dan garam. Setelah itu didihkan kembali air menggunakan panci lain, tuang air rebusan ke dalam panci yang berisi larutan tepung sagu. Masaklah dengan api kecil dan jangan lupa untuk mengaduknya secara perlahan hingga sagu berwarna bening atau matang. Terakhir, angkat dan sajikan bersama dengan ikan kuah kuning.

2. Ikan bakar Colo-colo

Ikan bakar ini adalah olahan ikan tongkol yang dibersihkan dan dikombinasikan dengan campuran bumbu tumis yang kemudian dibakar hingga matang sempurna lalu disajikan bersama dengan colo colo.

Colo colo adalah sejenis sambal yang terbuat dari campuran bahan seperti cabe, bawang, tomat hijau dan penyedap rasa yang kemudian dicampur dalam satu wadah dan disajikan bersama dengan ikan tongkol bakar. Di jamin deh ikan bakar colo-colo ini bakal buat kamu ketagihan, hehe… Yuk kita lihat resepnya dibawah ini.

Bahan:

  • 500 gram ikan tongkol/ikan lain yang sesuai selera.
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sendok makan garam

Bahan sambal Colo-Colo:

  • 5 siung bawang merah diiris halus
  • 2 siung bawang putih diiris halus
  • 100 ml air hangat
  • 3 buah cabe merah diiris tipis
  • 5 buah cabe rawit iris tipis
  • 1 buah tomat di cincang
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan kecap manis

Cara membuat:

Cuci bersih ikan lalu baluri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. nKemudian panggang ikan di atas teflon. Sisihkan. Terakhir, satukan bumbu yang diiris, tomat, air jeruk nipis, garam, gula, air hangat dan kecap manis. Aduk sampai gula dan garam larut. Sajikan sambal dengan ikan yang sudah dipanggang tadi. Yummyyyy… enak banget dah nih makanan.

3. Halua Kenari

Halua kenari adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kuliner ini memiliki bentuk mirip gula-gula kacang. Rasanya manis dan gurih karena menggunakan kenari kupas sebagai bahan utamanya. Selain itu Aroma kenari yang dihasilkan sangat harum.

Bahan:

  • 200 gr kenari
  • 150 gr gula aren
  • Air

Cara membuatnya:

Panggang kenari sampai matang lalu cincang kasar. Jangan lupa cairkan gula aren dengan air. Setelah gula mencair dengan rata, masukkan kenari panggang dan aduk sampai rata. Dalam keadaan hangat segera bentuk adonan bulat-bulat sesuai selera kamu sampai adonan habis ya. Supaya adonan tidak lengket di tangan saat membentuknya kamu bisa memakai plastik. Diamkan sampai adonan yang sudah kamu bentuk tadi menjadi dingin dan agak keras. Setelah itu Halua Kenari siap untuk kamu santap.

4. Sashimi Gohu ikan

Heiii, Indonesia Timur juga punya Sashimi loh! Namanya Gohu Ikan. Kuliner khas Ternate ini biasanya dibuat dari ikan Tuna. Cara bikinnya juga mudah loh. Nih resepnya…

Bahan:

  • 200 gram ikan tuna yang fresh
  • garam secukupnya
  • 2 buah lemon cui
  • 1 genggam daun kemangi di iris kasar
  • 10 siung bawang merah di iris kasar
  • 10 cabai rawit di iris kasar
  • 4 sendok makan minyak kelapa
  • 1 genggam kacang tanah goreng di tumbuk kasar.

Cara membuat:

Potong daging tuna kecil-kecil lalu lumuri dengan garam dan perasan lemon cui. Setelah itu campur dengan daun kemangi yang diiris kasar. Diamkan beberapa saat ya.

Sementara untuk bumbunya, masukan irisan bawang merah, cabai rawit, dan kacang tanah goreng dengan minyak panas. Nah, Minyak panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah yang masih fresh tadi. Yehhh Sashimi Ternate nya siap kamu hidangkan dehh..

5. Ikan kuah kuning

Menu ini paling cocok kalau disantap dengan Papeda. Bumbu yang harus kamu siapkan juga cukup banyak. Tapi itu sepadan dengan rasanya. Ini dia resepnya…

Bahan:

  • 500 gram ikan tongkol
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air asam jawa
  • Minyak secukupnya

Bumbu halus:

Bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, ketumbar, merica, kunyit, garam, dan penyedap rasa.

Bumbu rempah:

  • 1 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 600 ml santan
  • 1/2 sendok teh gula putih
  • 1 ikat kecil daun kemangi

Cara membuat:

Cuci bersih ikan tongkol lalu potong-potong dan baluri dengan garam dan larutan air asam kemudian diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu goreng ikan hingga berwarna kecokelatan dan angkat lalu sisihkan. Nah, sisa minyak bekas menggoreng ikan bisa kamu gunakan untuk menumis bumbu halus dan rempah-rempah. Setelah bumbu yang ditumis harum, tuang santan dan gula pasir. Didihkan sambil kamu aduk ya.

Eits, belum selesai. Masukkan ikan tongkol goreng lalu kecilkan api. Tunggu sampai mendidih lagi lalu angkat dan taburi daun kemangi lalu aduk rata. Ikan Kuah Kuning siap kamu santap cuy!

Nah, ragam kuliner Indonesia Timur di atas bisa langsung kamu praktikan di rumah loh guys… Happy Cooking!