Makanan Khas Yang Ada Di Jawa Tengah

Makanan khas memang begitu menggoda untuk dicicipi kalau kita berkunjung ke suatu daerah. Kurang afdol kalau udah tiba di suatu tempat tapi enggak nyobain makanan khas yang ada disana. Apa kata dunia ntar, udah datang ke tempat yang jauh tapi belum pernah ngerasain makanan di sana.

Nah, kali ini tempat yang mau kita kunjungi ada di Jawa Tengah nih. Biar kamu tau apa aja makanan khas di sana, simak yuk beberapa makanan khas yang ada di Jawa Tengah. Kalau udah tau, ntar cobain deh pas kamu datang ke sana. Ngomong-ngomong soal Jawa Tengah, enggak cuma Semarang aja lho. Jawa Tengah itu luas, jadi kita lihat aja yuk makanan yang jadi khas di sana.

1. Lumpia Semarang

lumpia-semarang

Siapa sih yang nggak tau Semarang itu makanan khas-nya apa? Hampir semua orang kalau ditanya pasti jawabnya lumpia. Lumpia lebih enak kalau dimakan saat masih hangat lho. Apalagi kalau ditambah sama saus atau cabe rawit, waah, tambah menggoda aja tuh.

Lumpia mempunyai isi dalam yang beragam, ada yang pakai ayam, rebung, telur, sayuran dan udang pun ada. Kalau kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa buat cobain makanan yang satu ini ya.

2. Tahu Petis

tahu-petis

Nah, kalau tadi lumpia sekarang ini makanan dari olahan tahu. Namanya tahu petis, masih makanan dari Semarang nih. Tahu petis biasanya buat camilan aja, jika kalau kamu mau makan nasi pakai makanan ini juga bisa lho.

Tahu petis ini bahannya tentu saja tahu, tahu goreng tepatnya. Beda antara tahu ini dengan yang lain dengan adanya saus hitam yang namanya tahu petis. Nah, tahu petis ini terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental.

3. Telur Asin

telur-asin

Telur yang rasanya asin ya ini, telus asin. Makanan yang terbuat dari telur bebek yang terkenal dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakan sama nasi lho, tapi ada juga lho yang makan langsung gitu aja tanpa pakai nasi.

4. Tempe Mendoan

tempe-mendoan

Kalau makanan yang satu ini terkenalnya dari daerah Banyumas dan Purwokerto, itu lho yang bahasanya ngapak. Tempe Mendoan ini hampir sama kayak tempe goreng biasanya, dan diselimuti dengan tepung. Bedanya adalah dengan nama mendoannya, mendoan sendiri artinya adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga tempenya enggak terlalu matang.

Sekarang tempe mendoang nggak cuma ada di daerah Banyumas dan Purwokerto saja lho. hampir di seluruh daerah termasuk Jawa Tengah juga ada makanan yang satu ini. Bahkan di sebagian besar angkringan yang menjual gorengan ini pasti ada tempe mendoan. Sampai-sampai, sekarang tempe yang digoreng tepung ini sampai garing juga disebut mendoan.

5. Nasi Gandul

82f2f06a5723d6e55230c4bbdff669b1

Kalau kamu main ke Pati, jangan lupa cobain nasi gandul ya guys. Beda dengan nasi lainnya, nasi gandul ini adalah nasi uduk yang penyajiannya pakai daun pisang.

Beda kan? Tapi enggak cuma itu aja lho, namun rasa nasinya itu lho, lebih gurih dari pada nasi yang biasanya. Bahkan ada juga yang menambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini, biar wanginya makin sedap dan tentu saja menggugah selera makan kita.

Nasi gandul ini paling enak kalau kita makannya langsung di kota Pati. Dengan kuah yang segar dan ditambahkan dengan lauk berupa daging sapi yang sudah diolah tentu akan menjadi pelengkap yang makin membuat nasi gandul ini menjadi lebih lezat.