Masakan Tradisional Indonesia Yang Mendunia

Makan adalah salah satu kebutuhan makluk hidup yang ada di dunia ini. Makan akan membuat tubuh kembali segar karena telah menerima asupan baik dari nutrisi, vitamin dan karbohidrat yang membuat manusia tidak lelah atau pu lemas. Makan akan lebh lezat apabila yang di makan memiliki rasa yang lezat dan enak. Indonesia memiliki ragam budaya yang terkenal hingga ke luar negeri. Namun tidak hanya ragam budaya nya saja, Indonesia juga telah di akui dalam kelezatan soal makanan tradisional nya. Indonesia memiliki makanan tradisional yang khas setiap kota nya, makanan lezat tersebut tidak hanya disukai oleh orang Indonesia saja, tetapi orang dari mancanegara juga banyak yang menyukai masakan khas Indonesia tersebut. Berikut ini saya akan memberitahukan anda, beberapa makanan tradisional Indonesia yang kelezatan nya di aku sampai ke mancanegara.

1. Gado-Gado

Gado-gado terkenal dengan sebutan saladnya orang Indonesia. Makanan yang berasal dari Jawa ini adalah sayuran yang telah direbus dan dicampur menjadi satu layaknya salad. Namun, yang membedakan gado-gado dengan salad adalah bumbunya yang terbuat dari bumbu kacang yang telah dihaluskan. Penyajiannya yang unik dan rasanya yang lezat akan lebih komplit jika ditambahkan emping goreng atau kerupuk.

2. Tempe

Rasanya ada yang kurang jika Anda tinggal di Indonesia tetapi tidak pernah mengonsumsi tempe. Padahal, menurut sejarawan bernama Ong Hok Ham, tempe ditemukan secara tidak sengaja dalam bentuk sejenis jamur putih pada residu pembuatan tahu. Namun, fakta tersebut sepertinya tidak menurunkan selera masyarakat Indonesia terhadap panganan satu ini. Tempe bahkan telah berhasil menarik perhatian seorang chef internasional.

Pada bulan Oktober 2012 lalu, sebuah festival kuliner diadakan di Jakarta. Ajang tersebut juga dimanfaatkan sebagai perkumpulan koki dari berbagai mancanegara. Eduard Quad, salah satu koki yang hadir, begitu tertarik dengan tempe yang dicicipinya. Tempe bahkan sudah mencapai Jepang berkat bisnis seorang warga Indonesia bernama Rustomo. Usaha tempenya sudah menyebar hingga beberapa daerah di jepang.

3. Soto

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, Soto juga memiliki tampilan yang indah. Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika di makan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat jepang.

4. Sate

Beriktunya adalah sate ayam, makanan yang dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. terkenal dengan sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri. Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja. Namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat.

Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restoran satay junction mampu menarik warga amerika. Meski terbilang kecil , restoran ini selalu dipadati oleh warga amerika yang mencintai makanan khas Indonesia. selain mampu bertahan, jumlah pengunjungnya pun terus bertamabah.

5. Rendang

Siapa yang tidak kenal makanan pedas yang terbuat dari daging ini? Ya, rendang merupakan kuliner khas Padang yang sangat populer hingga mancanegara. Rasa khas bumbu dan rempahnya sangat unik, tak heran para turis manca pun selalu ketagihan untuk mencicipi menu makanan tradisional Indonesia yang mendunia ini. Rendang bahkan telah menjadi salah satu menu favorit di beberapa restoran Eropa.

6. Nasi Goreng

Mungkin beberapa Negara lain juga memiliki menu nasi goreng khas daerahnya sendiri. Namun, nasi goreng Indonesia tetap memiliki ciri khas berbeda yang membuatnya sangat terkenal di Negara lain. Bahkan saat presiden Barack Obama mengunjungi Indonesia, beliau bahkan sangat terpukau dengan menu kuliner yang satu ini. Inilah bukti bahwa nasi goreng merupakan makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Tidak hanya Amerika, ternyata di beberapa ajang festival kuliner Tiongkok, menu yang satu ini menjadi salah satu sajian yang sangat digemari.