Ramen Cokelat Ini Meriahkan Perayaan Valentine di Jepang

Lagi-lagi kuliner dunia menghadirkan sesuatu yang unik. Kali ini kuliner unik ini datang dari negara sakura, Jepang. Menjelang perayaan hari valentine tanggal 14 februari mendatang, berbagai restoran di Jepang mencoba menciptakan atau menyajikan makanan ataupun kudapan yang manis-manis.

Sebenarnya bukan Jepang saja sih, yang sibuk menciptakan sesuatu yang baru dalam hal kulinernya, untuk menyambut hari kasih sayang tahun ini. Beberapa negara lainnya juga memiliki persiapan masing-masing, untuk merayakan hari spesial tersebut. Tapi artikel ini hanya akan memfokuskan pembahasan pada kuliner Jepang saja. Yah, kalau satu persatu negara di jelaskan, satu bulan pun belum tentu selesai pembahasannya guys.

Baiklah, kita mulai saja ya.

Di perayaan hari valentine tahun ini, seperti biasa restoran Jepang kembali menawarkan sesuatu yang berbeda dari hari-hari biasanya. Melihat kecenderungan masyarakat mengkonsumsi coklat di setiap perayaan valentine, menimbulkan ide yang luar biasa bagi beberapa restoran, untuk membuat atau menciptakan inovasi baru pada makanan-makanan yang disajikan. Kali ini coklat yang menjadi makanan khas saat valentine menjadi inspirasi dalam kuliner di Jepang.

Karena perayaan valentine hanya dirayakan sekali dalam setahun, maka makanan yang terinspirasi dari coklat ini pun hanya akan ada dan  ditemukan di saat perayaan tersebut saja. Karena kehadirannya terbilang sangat singkat, anda harus cepat-cepat mencobanya jika tidak mau ketinggalan. Kalau tidak, anda mungkin akan menyesal karena harus menunggu tahun depan.

Pada umumnya, coklat hanya disajikan sebagai dessert atau makanan pencuci mulut, seperti: kue coklat, puding coklat, es krim coklat, dan lain sebagainya. Akan tetapi, Jepang berani menerapkan makanan manis ini ke dalam makanan berat, yang bisa dikonsumsi saat sedang lapar.

Kalau coklat truffle sudah sangat biasa disajikan di restoran, nah kali ini sebuah restoran di Jepang berani membuat sebuah gebrakan terbaru dengan menciptakan ramen dengan kuah rasa coklat. Sama seperti pada tahun sebelumnya, restoran ini menawarkan kembali ramen coklat buatannya untuk waktu yang singkat, yaitu selama dua minggu pertama di bulan februari.

Ramen coklat ini merupakan sajian yang sangat spesial di bulan ini, karena tampilan dan rasa yang ditawarkannya sangat berbeda dengan ramen-ramen yang biasa anda jumpai sebelumnya. Perbedaannya terletak pada penyajian kuah ramen tersebut. Kuah ramen unik ini benar-benar terbuat dari coklat yang rasanya sangat manis. Bagi anda yang sangat menyukai coklat, sajian unik ini akan memberikan anda pengalaman baru, dalam menyantap coklat yang manis.

Wah, sepertinya terdengar sangat menarik, bukan? Memakan sajian mie dengan kuah yang terbuat dari coklat ini pastinya belum pernah ada di Indonesia. Kalau kelak hadir di Indonesia, kira-kira rasanya jadi seperti apa ya? Penasarankan? Yah, tunggu saja ya sampai ramen coklat ini dihadirkan di Indonesia.

Tapi meskipun begitu, pamor mie di Indonesia juga nggak kalah saing lho. Kalau Jepang berani menghadirkan mie dengan kuah yang terbuat dari coklat, di Indonesia ada beberapa kreasi mie yang unik juga. Kenapa unik? Karena warna mie ini berbeda dengan yang mie biasa pada umumnya. Untuk pembahasan yang satu ini, akan di bahas pada artikel yang lainnya ya guys. Untuk kali ini, fokusnya adalah ramen coklat yang ada di Jepang.

Ramen unik dengan kuah coklat ini dibuat dan disajikan di salah satu franchise ramen di Tokyo, yaitu Menya Musashi. Ramen coklat ini diberi nama Tsuke Ghana 2017. Nama tersebut diambil dari nama coklat yang digunakan, yaitu coklat dengan merek Ghana yang diproduksi oleh salah satu perusahaan permen asal Jepang yang bernama Lotte.

Dengan mengadopsi gaya Tsukemen, yaitu sebuah teknik memakan mie dengan cara dicelupkan ke dalam kuah, maka ramen ini disajikan dalam 2 mangkuk. Satu mangkuknya berisi mie dan isian pelengkapnya, sedangkan mangkuk yang satu lagi berisi saus, dimana anda bisa mencelupkan mie tersebut.

Kuah kaldu ramen ini dibuat dari 1,3 bar cokelat Ghana, yang dibuat seperti saus cokelat gelap dengan tekstur yang kental. Anda juga dapat menikmatinya dengan isian daging, sayuran, sepotong cokelat, dan foie gras berbentuk bola, yang dilapisi dengan bubuk coklat dan tambahan cokelat ditengahnya.

Saat anda menyantap ramen coklat ini, Anda akan merasakan kuah kaldu yang lebih mirip dengan minuman cokelat hangat. Dan ketika kuahnya anda santap bersamaan dengan mie dan isian lainnya, Anda akan merasakan bahwa hidangan ini benar-benar lezat dan komplit. Jika Anda sedang tidak ingin menyantap hidangan yang terlalu manis, Anda tidak perlu mencelupkan mie ke dalam kaldu cokelat tersebut. Tidak perlu khawatir, karena rasanya pun tetap menggugah selera.

Meskipun Menya Musashi memiliki sejumlah cabang, namun ramen cokelat ini hanya tersedia di kedai mereka yang berlokasi di Shinjuku, Tokyo, dan Shibaura. Restoran ini hanya menyajikan 20 mangkuk ramen coklat setiap harinya sampai tanggal 14 Februari saja. Tsuke Ghana 2017 ini dijual seharga 1080 yen (Rp.128.000).

Gimana guys? Tertarik nggak untuk nyobain ramen cokelat ini? Jika anda benar-benar ingin mencoba ramen coklat unik ini, maka anda harus cepat karena jumlah dan waktunya sangat terbatas. Jangan sampai ketinggalan ya, guys.