Resep Rahasia Dari Jamur Yang Perlu Dicoba

Ketika keuangan sudah seret, tapi yang namanya perut mana peduli dong! Jadi gimana nih ngakalinya? Pastinya kita bakal putar otak buat mengisinya ya kan? Bakal melintas kuliner yang murah meriah dari jajan hingga camilan yang lewat deh. Meski uang yang dimiliki tidak banyak, pastinya kita milih dong makanan yang bermanfaat untuk tubuh.

Perlu kalian ketahui sebenarnya gak semua kuliner yang memiliki gizi didapatkan dengan harga mahal loh. Sebetulnya sih dari makanan yang murah juga bisa, contohnya saja jamur. Jamur termasuk bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang bagus bagi tubuh yang terdiri dengan berbagai jenisnya. Tentunya kamu memiliki banyak pilihan untuk makan jamur jenis apa saja?

Nah, kali ini saya hadir disini untuk memberikan beberapa resep makanan yang dibuat dari jamur! Tenang saja, harga untuk membuatnya juga ciamik dan murah deh guys. Yuk, sikat resepnya!

1. Telur Dadar Jamur Tiram

Telur biasanya sering dipilih sebagai makanan untuk yang lagi bokek nih! Karena selain harganya yang murah, telur juga memiliki protein yang cukup tinggi. Bahan makanan yang biasanya bisa digabungkan dengan makanan apa saja ini cocok loh jika dikombinasikan dengan jamur tiram yang mempunyai kemampuan untuk mengurangi berbagai macam penyakit seperti kanker dan jantung. Berikut resepnya :

Bahan-bahan :

  • 4 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 2 biji bawang merah, dicincang halus
  • 1/4 buah bawang bombay, dicincang halus
  • 4 lembar jamur tiram (100 gr), dipotong-potong
  • 2 batang caisim, dipotong-potong
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 3 buah cabai kering, dicincang halus
  • Minyak goreng

Caranya :

  • Telur ayam diaduk bersama bawang merah, bawang bombay, garam, dan merica bubuk.
  • Lalu, masukan jamur tiram, caisim, cabai kering, dan daun bawang. Aduk rata.
  • Setelah itu, tuang ke dalam wajan cekung berisi minyak yang sudah dipanaskan di atas api berukuran sedang. Goreng hingga matang.
  • Telur Dadar Jamur Tiram hangat siap disajikan.

2. Tongseng Jamur Tiram

Kamu penggemar tongseng? Gimana kalau kali ini dagingnya diganti dengan jamur? Rasanya gak kalah maknyuss kok! Bahan makanannya yang gampang dicari ini pastinya akan menggantikan keinginanmu untuk melahap daging tongseng. Mari kita lihat resepnya.

Bahan-bahan :

  • 300 gr jamur tiram, disuwir-suwir dan dicuci bersih
  • 1 buah tomat merah, potong-potong
  • 2 buah cabai merah besar, potong-potong serong tipis
  • 15 buah cabai rawit, potong-potong
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 2 cm lengkuas
  • Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu-bumbu :

  • 1 cm kunyit
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 2 lembar daun jeruk purut, dibuang tulangnya
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah

Cara Membuat :

  • Kamu dapat menumis bumbu yang sudah dihaluskan dahulu dengan sedikit minyak hingga harum.
  • Masukkan lengkuas dan daun salam. Lalu, aduk sampai layu. Tambahkan jamur merang, potongan tomat dan potongan cabe ke dalam jamur.
  • Tambahkan gula pasir dan garam, kemudian aduk hingga merata.
  • Tunggu sampai benar-benar matang dan siap untuk disajikan.

3. Jamur Krispi Pedas

Tidak hanya sebagai lauk makanan, jamur juga bisa kok diolah menjadi camilan! Apalagi pas kita nikmatinya ketika nonton atau ngerjain tugas, Nyummy! Yuk, kita intip resepnya :

Bahan-bahan :

  • 300 gr jamur tiram
  • 250 garam tepung
  • 1 butir telur
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt bubuk cabai

Cara membuat :

  • Kamu dapat membersihkan jamur tiram terlebih dahulu, lalu potong memanjang.
  • Kocok telur hingga berbusa dan tambahkan garam.
  • Campurkan tepung dengan merica dan cabai bubuk sambil panaskan minyak goreng.
  • Masukkan jamur ke dalam telur dan gulingkan pada tepung.
  • Jika minyak sudah panas, goreng jamur sampai kecokelatan. Tiriskan dan sajikan.

4. Sate Jamur Tiram

Lagi pengen makan sate nih, tapi dompet lagi seret, huhu! Tenang, tenang, kalian bisa kok nikmati Sate yang dibuat dari jamur tiram. Rasanya jangan diajak tanding deh! Dengan khasiat yang dapat berguna untuk sistem kekebalan tubuh dan memilik anti oksidan yang tinggi, pastinya harga jamur juga lebih murah dari daging. Yuk, kita lihat resepnya langsung.

Bahan-bahan :

  • 500 gr jamur tiram, rendam air hangat, potong sesuai ukuran sate
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah bawang bombay, potong dadu
  • 2 sdm kecap asin
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 sdm kecap inggris
  • Minyak goreng secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat :

  • Silahkan tumis bawang putih dan seluruh jenis kecap, lalu aduk hingga harum. Tambahkan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih.
  • Masukan jamur tiram dan tambahkan garam serta merica secukupnya, kemudian aduk hingga merata. Pisahkan jamur di tempat lain dan diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap.
  • Kemudian, tancapkan ke tusukan sate bergantian dengan bawang bombay.
  • Kamu panggang sate jamurnya sampai warna berubah (tak perlu lama-lama) dan aromanya keluar sambil diolesi dengan mentega. Ulangi hingga jamur habis.
  • Jika sudah, angkat dan sajikan pada piring cantik. Sate Jamur Tiram Putih Bumbu Kecap siap dinikmati.

Nah, sekarang kamu sudah punya beberapa pegangan resep untuk mengisi perutmu ketika kantong tipis. Selamat mencoba ya guys!