Sambut Perayaan Setsubun, Restoran Jepang Ini Menjual Sushi Berbalut Emas

Jepang merupakan salah satu negara, yang sangat terkenal dengan berbagai kebudayaan dan perayaannya yang unik. Salah satu perayaan unik tersebut adalah “Ehomaki”. Ehomaki adalah tradisi Setsubun, yaitu memakan sushi yang masih utuh, sambil menghadap kearah yang dipercaya memiliki keberuntungan. Awalnya tradisi ini hanya ada di Osaka, tetapi lama kelamaan, tradisi ini akhirnya menyebar secara nasional dalam beberapa tahun terakhir ini.

Tradisi Setsubun ini biasanya dirayakan pada awal musim semi. Setsubun ini adalah sebuah kata yang digunakan untuk menyebut hari sebelum rissun (hari pertama musim semi). Pada umumnya, tradisi ini diadakan dengan melempar kacang ke arah Oni atau setan.

Tradisi ini merupakan sebuah lambang keinginan orang Jepang, agar terbebas dari penyakit dan memiliki umur yang panjang. Dalam perayaan ini, tidak hanya melemparkan kacang, tapi juga terdapat tradisi unik lainnya, yaitu memakan sushi yang belum dipotong, yang dikenal dengan sebutan ehomaki.

Perayaan setsubun kali ini ternyata dibuat menjadi lebih berbeda. Untuk merayakan setsubun tahun ini, sebuah restoran sushi di Jepang melakukan sebuah gebrakan terbaru, dengan menciptakan sushi unik yang berbeda dari sushi-sushi biasanya.

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan yang dibuat dengan menambahkan emas murni ke dalam makanan tersebut. Mulai dari pizza, roti, dan lain sebagainya, sempat membuat netizen kaget dengan penambahan emas murni ke dalam makanan-makanan tersebut. Kandungan emas yang ada di dalam makanan-makanan itu membuat harganya melambung tinggi, sehingga membuat sebagian masyarakat akan berfikir dua kali sebelum menyantapnya.

Beranjak dari makanan-manakan di atas, nah, sekarang giliran Sushi Jepang ini yang mendapatkan sentuhan mewah tersebut. Sebuah restoran yang berlokasi di basement Shinjuku Isetan, Jepang, merupakan salah satu restoran yang melakukan inovasi tersebut. Dalam rangka menyambut perayaan setsubun di Jepang, restoran ini menyediakan sebuah ehomaki mewah, yang dibalut dengan daun emas.

Daun emas atau kinpaku ini merupakan lembaran emas asli, yang memiliki ketebalan yang sangat tipis, yaitu hanya 0,0001 mm. Kinpaku ini boleh dimakan oleh manusia karena tidak akan berubah saat berada di dalam tubuh. Ehomaki yang unik dan mewah ini diberi nama Tokusen Kaisen Jyuni Hitoe Maki.

Dari namanya saja, sudah kelihatan kalau sushi ini memiliki sesuatu yang sangat berbeda, dan pastinya harganya juga terbilang cukup mahal. Meskipun begitu, harga tersebut tidak akan membuat anda merasa kecewa, ketika anda melihat tampilan sushi yang begitu cantik dan elegan dengan balutan emasnya.

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa sushi ini harus dibalut dengan emas, dan kenapa tidak dengan logam yang lain saja. Jawabannya adalah karena emas merupakan lambang keberuntungan dan rejeki bagi masyarakat Jepang. Memakan atau menyantap sushi yang berbalut emas ini, dipercaya akan membawa keberuntungan dan rezeki bagi mereka yang memakannya.

Keistimewaan sushi yang satu ini, tidak hanya terdapat pada balutan lembaran daun emas tipisnya saja, tapi juga karena isi dari ehomaki ini cukup beragam. Bahan yang digunakan pada sushi ini merupakan bahan-bahan terpilih, yang diambil dari seluruh daerah di Jepang.

Bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Tuna dari Oma, Aomori
  • Japanese puffer fish (ikan buntal Jepang) dari Nagasaki
  • Longtooth Grouper (ikan kerapuh longtooth) dari Nagasaki
  • Oval Squid (cumi-cumi ova) dari Nagasaki
  • Kuruma Prawn (udang kuruma) dari Ehime
  • Steamed Abalone (abalone kukus) dari Miyazaki
  • Boiled Conger Eel (belut conger rebus) dari Miyazaki
  • Boiled Horsehair Crab (kepiting horsehair rebus) dari Hokkaido
  • Salted Herring Roe (telur ikan asin herring) dari Hokkaido
  • Salmon Roe Pickled (acar telur ikan asin) dengan soyu dari Hokkaido
  • Sea Urchin (bulu babi) mentah dari Hokkaido

Bahan-bahan ini kemudian dipersatukan dalam satu roll sushi, kemudian dibungkus dengan nori, dan selanjutnya dilapisi dengan daun emas pada bagian terluarnya. Semua isian ehomaki tersebut merupakan bahan-bahan segar dengan kualitas tinggi, sehingga sushi ini merupakan ehomaki yang sangat ekslusif.

Penggunaan bahan-bahan premier, serta dilapisi dengan daun emas, menjadikan sushi yang satu ini berharga cukup tinggi, yaitu: JPY 10.800 atau sekitar Rp. 1,3 juta.