Unik! Restoran Jepang Sajikan Menu Kari Rasa Teh Hijau

Kari adalah nama untuk berbagai jenis makanan yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai rasa tajam dan pedas. Kari adalah masakan asal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa. Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.

Namun, berbeda dengan orang restoran Jepang yang membuat kari dengan campuran teh hijau. Apa Teh hijau? yupzz bener sekali. Orang Jepang memang dikenal sebagai penggemar teh hijau atau yang biasa dikenal sebagai matcha. Berbagai kuliner pun dicoba untuk dipadukan dengan olahan teh hijau. Namun apa jadinya jika matcha digabungkan dengan nasi kari?

Inilah yang dilakukan oleh restoran Itokyuemon di cabang stasiun Kyoto, Jepang. Sesuai dengan namanya, “matcha grean tea curry” merupakan sajian nasi kari dengan siraman saus berbahan teh hijau kental. Seperti apa rasanya? Biasanya rasa sajian olahan matcha di Jepang tak akan terlalu sesuai dengan harapan pembeli. Namun mereka menilai jika menu ini adalah benar-benar kari matcha yang sesungguhnya.

Dengan warna hijau pekat, sajian ini dapat dinikmati dengan menggunakan sendok kayu tradisional Jepang atau chasaji. Saat di dekatkan ke hidung, aroma yang keluar dari pasta ini adalah aroma kuat khas kari yang gurih. Tapi saat dicoba, rasanya adalah matcha yang lezat.

Untuk hidangan ini, Itokyuemon menggunakan Uji matcha yang terkenal dengan harganya yang mahal. Kari ini pun memiliki perpaduan pedas, manis dan asin yang lezat. “Matcha grean tea curry” sendiri dibandrol seharga USD 4,65 atau setara dengan Rp 62 ribu untuk tiap porsinya. Bagaimana, berminat untuk mencicipinya guys?